Apa itu obat paracetamol dan phenobarbital?

IR Info Penanya: IR, Wanita, 17 Tahun
Apakah obat sanmol obat penunjangnya adalah phenobarbital mohon informasinya dokter
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi I,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Paracetamol merupakan obat penurun demam dan pereda nyeri. Paracetamol bekerja dengan cara mengurangi zat penyebab peradangan yaitu prostaglandin. Dengan menurunnya kadar prostaglandin di dalam tubuh, tanda peradangan seperti demam dan nyeri akan berkurang. Paracetamol cenderung aman untuk di konsumsi pada wanita hamil atau ibu menyusui. Paracetamol jarang menimbulkan efek samping, namun bisa menimbulkan efek samping jika digunakan seccara berlebihan seperti muncul ruam, sakit tenggorokan, urine bewarna keruh atau berdarah dan tinja bewarna hitam atau BAB berdarah.

Phenobarbital merupakan untuk mengendalikan kejang. Obat ini dapat digunakan sebagai obat penenang dan membantu untuk tidur, yang biasanya digunakan dalam waktu yang singkat, tidak lebih dari 2 minggu. Penggunaan obat ini tentunya harus dalam pengawasan dokter. Phenobarbital bekerja dengan cara mengendalikan aktivitas listrik abnormal di sistem syaraf dan bagian otak tertentu yang menjadi penyebab kejang. Obat ini tidak disarankan digunakan pada ibu hamil dan menyusui karena berisiko pada janin dan dapat diserap melalui ASI. Efek samping yang dapat timbul saat menggunakan phenobarbital adalah pusing, sakit kepala, kesemutan, kelemahan pada otot, dan vertigo. Sehingga penggunaan obat phenobarbital ini harus dalam pengawasan dan anjuran dokter.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Konsumsi paracetamol untuk ibu hamil dapat dilakukan sebanyak dua tablet pada sekali minum

Begini Keamanan Konsumsi Paracetamol untuk Ibu Hamil Menurut Medis

Paracetamol umum digunakan untuk meredakan sakit kepala, nyeri, maupun demam. Obat ini termasuk jenis obat bebas yang bisa dibeli tanpa resep dokter. Namun konsumsi paracetamol untuk ibu hamil tentu butuh perhatian khusus.