14 Jan 2019, 19:40Penyakit Lainnya

Obat resep aman untuk turunkan berat badan? Apa ada?

RD
Info Penanya: RD, Wanita, 26 Tahun
Selamat siang Dokter, Saya mau bertanya apakah ada obat resep yang aman bagi kesehatan untuk menurunkan berat badan? Terima kasih
38937 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  Tim Dokter Sehatq
(0)
Salam sehat Ibu RD,Untuk awalnya sebaiknya hitung berat badan ideal Ibu untuk patokan dan supaya fokus pada upaya yang akan dilakukan. Rumus untuk menghitung berat badan ideal wanita dewasa adalah : (Tinggi Badan (dalam cm) – 100 ) - 10%Kami tidak menyarankan menggunakan obat diet atau obat penekan nafsu makan, namun lebih menyarankan untuk mengendalikan nafsu makan dengan prinsip makan sehat dan seimbang 3 kali dalam sehari, dan hindari ngemil.Sebaiknya tidak melakukan ekperimen berbahaya dan diet yang ekstrim karena akan membahayakan kesehatan, dan sebaiknya hindari gaya diet “yo – yo”.Prinsip sederhana untuk menurunkan Berat Badan adalah antara lain :
  • Sarapan pagi, sangat penting untuk tubuh karena selama tidur malam selama 6 jam, tubuh mengalami kelaparan dan memerlukan energi untuk memulai aktifitas di pagi hari sampai waktunya makan siang.
  • Makan siang dengan panduan diet seimbang
  • Hindari ngemil, karena tambahan karbohidrat dan gula ekstra tidak diperlukan oleh tubuh bila tubuh tidak bekerja keras (pada atlit dan pekerja kasar lainnya)
  • Batasi Karbohidrat dan tingkatkan konsumsi serat dari sayur, buah, dan konsumsi protein dari ikan, daging merah, tahu, tempe
  • Makan malam sebelum jam 6 sore dengan porsi yang sedikit karena malam hari tubuh tidak memerlukan banyak kalori.
  • Minum air putih sehari minimal 2 liter sebanding dengan 8 Gelas. Bila merasa lapar diantara waktu makan, sebaiknya hindari godaan untuk ngemil dengan minum satu gelas air putih. Hal ini dikarenakan tubuh sering salah mengartikan rasa haus menjadi rasa lapar.
  • Ikuti saran cerdas dengan menambahkan irisan jeruk lemon atau jeruk nipis dalam satu gelas air putih.
  • Ikuti aturan, makan sebelum merasa lapar dan stop makan sebelum merasa kenyang. Selalu makan dengan porsi yang cukup setiap waktunya makan jangan melewati waktu makan karena akan menyebabkan kelaparan dan kehilangan kontrol saat makan.
  • Untuk wanita, pastikan kebutuhan Kalsium tubuh terpenuhi dengan minumm susu non fat / susu skim satu gelas sehari atau dapat digantikan dengan konsumsi suplemen Kalsium.Kekurangan kalsium dalam darah sering disalah-artikan tubuh sebagai rasa lapar. Saran kami sebelum minum suplemen apapun sebaiknya di konsultasikan dulu dengan Dokter.
  • Disarankan untuk melakukan detoksifikasi tubuh, minimal sekali dalam sebulan, dengan cara sederhana yaitu melakukan puasa, karena puasa berguna untuk mengistirahatkan organ pencernaan dan membuang racun yang tidak diperlukan oleh tubuh.
  • Hindari minuman manis, kopi, teh, sirup, minuman bersoda dan alkohol.
  • Setiap makan, sebaiknya kunyah makanan secara perlahan, dan nikmati dan pikirkan setiap rasa dan tekstur makanan, dan jangan makan secara terburu – buru.
  • Sebelum makan, dimulai dengan minum satu gelas besar air putih atau makan bebapa potong buah yang akan menimbulkan efek penuh pada lambung sehingga saat makanan besar, porsi makan akan secara otomatis berkurang.
  • Janganlah memakai makanan sebagai hadiah untuk diri sendiri atau sebagai pelarian seperti makan untuk perayaan, makan saat sedih dan makan saat stress.
  • Tingkatkan metabolisme tubuh, dengan cara beraktifitas rutin seperti berjalan kaki, joging dan berolah raga.
Olah raga yang membentuk tubuh dan sangat cepat membakar kalori contohnya adalah berenang, boxing, bersepeda, dan aerobik.Cara yang sehat adalah penurunan berat 2 kg dalam 1 minggu, jangan memaksakan diri karena mungkin pada minggu – minggu awal pencapaian hanya 1 kg perminggu. Tetaplah konsisten dan rutin mengikuti saran sehat ini, untuk mencapai tujuan jangka panjang memperoleh berat badan ideal dan mempertahankannya.Sebaiknya dimulai dari sekarang untuk menurunkan berat badan dan mempertahankannya, karena di usia muda saat  laju metabolisme tubuh masih tinggi dan baik, kemungkinan memperoleh berat badan yang ideal masih sangat mungkin. Hal ini akan semakin sulit bila sudah mencapai usia lebih dari 30 tahun. Salam Sehat
tips dietmakanan sehatberat badan idealdiet sehat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil