31 May 2021, 14:24Penyakit Lainnya

Pereda nyeri, antibiotik, dan antiradang apa bisa menghentikan asi?

FU
Info Penanya: FU0
Permisi dok saya mau nanya.. Ini saya mau nyapih(berhenti)menyusui anak saya .. Terus saya baru aja suntik kb satu bulanan.. Lalu suami saya membelikan obat untuk memampetkan asi saya .. Terdiri dari gratheos diclofenac sodium 50 mg, samquinor ciprofloxacin 500 mg, Dan grathazonde Dexamethasone 0,5 mg .. Apakah obat tersebut aman setelah suntik kb satu bulanan dan sempet minum lactaboost ?
117 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo F,Gratheos diclofenac sodium 50 mg adalah obat anda nyeri sedangkan samquinor ciprofloxacin 500 mg adalah antibiotik, dan grathazonde dexamethasone 0,5 mg adalah antiradang. Konsumsi ketiga obatini tidak akan menyebabkan ASI menjadi mampet dan sebaiknya tidak digunakan sembarangan karena ketiganya memiliki efek meningkatkan asam lambung sehingga dapat menyebabkan nyeri perut, hingga muntah dan diare.Untuk jangka panjangpun, ketiga obat memiliki efek yang buruk jika digunakan lebih dari 4hari. Untuk itu, sebaiknya segera hentikan penggunaan ketiga obat tersebut jika Anda sudah terlanjur mengkonsumsinya atau batalkan penggunaan obat yang tidak diketahui efek sampingnya.

Menyapih anak

Cara yang aman untuk menyapih anak adalah dengan perlahan-lahan merubah kebiasaan menyusui. Jika anak sudah mengonsumsi makanan padat atau susu formula, Anda cukup mengurangi frekuensi dan jumlah pemberian asi secara bertahan hingga akhirnya berhenti. Alihkan perhatian bayi dan saat bayi ingin menyusu, berikan susu formula. Pastikan Anda menyapih tanpa memaksa bayi yaitu secara bertahap agar bayi bisa beradaptasi dengan baik dan tidak justru menjadi stres.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
bayi & menyusuimenyusuiibu menyusui
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil