Obat penyakit sifilis

A Info Penanya: A, Wanita, 21 Tahun
Apa obat penyakit sipilis dokk ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore A,

Sifilis merupakan salah satu penyakit menular seksual yang ditularkan melalui hubungan seksual dari orang yang terinfeksi bakteri Treponema pallidum. Sifilis juga disebut dengan istilah raja singa. Gejala sifilis sendiri beragam tergantung tahapannya gejala yang timbul adalah adanya luka di bagian kelamin atau bisa juga di bagian lain seperti mulut, ruam pada tubuh, demam, kelelahan, dan dapat merusak organ lain pada tahap akhir. 

Sebelum diobati, perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter kulit dan kelamin untuk memastikan ada tidaknya infeksi sifilis dengan dilakukan wawanca medis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti tes lab darah, pengambilan sampel cairan luka, dan pemeriksaan lain yang diperlukan.

Hindari melakukan pengobatan sendiri dengan sembarangan meminum obat agar tidak terjadi risiko resistensi bakteri terhadap obat ataupun risiko terjadinya efek samping obat, hindari melakukan hubungan seksual sampai infeksi benar-benar teratasi, gunakan kondom untuk mencegah penularan, dan segera periksakan pada dokter untuk memastikan kondisi Anda dan diberikan penanganan agar infeksi siflis tidak berkembang ke tahap yang lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Imunisasi HPV sebaiknya dilakukan sedini mungkin agar terlindung dari virus HPV

Tahukah Kamu Pentingnya Imunisasi HPV Sejak Usia Dini?

Virus HPV tipe tertentu berbahaya karena dapat menyebabkan kanker. Oleh sebab itu, imunisasi HPV wajib diberikan sebagai upaya pencegahan. Imunisasi HPV lebih baik diberikan sedini mungkin, yaitu sejak usia 9 tahun.