Obat penghilang nyeri haid yang halal

L Info Penanya: L, Wanita, 29 Tahun
Saya sering sekali merasakan sakit kalo awal haid. sudah minum obat penghilang nyeri tapi tidak mempan. obat yang cocok buat saya apa dokter? kalo bisa obat yang kandungannya halal ya dokter
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, L.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Nyeri haid atau dismenore disebabkan karena kontraksi dari otot rahim yang dipicu oleh hormon prostaglandin. Terjadinya kontraksi otot rahim ini bertujuan untuk membantu rahim mengeluarkan dinding rahim yang telah luruh. Jadi kondisi ini sebenarnya normal bila intensitasnya tidak berlebihan.

Untuk mengurangi nyeri haid secara alami, Anda dapat melakukan:

  • Berolahraga
  • Berendam dalam air hangat
  • Mengompres perut dengan kompres hangat
  • Mengonsumsi vitamin, asam lemak omega 3, vitamin B1, vitamin B6, dan suplemen magnesium
  • Mengurangi stress

Anda juga bisa mengurangi dismenore dengan obat penghilang nyeri seperti paracetamol. Bila tidak mempan, Anda bisa melakukan konsultasi ke dokter spesialis obstetri ginekologi, untuk mendapatkan obat-obatan golongan NSAID (non-steroid) dengan pengawasan dari dokter tersebut. Selain itu, pil kontrasepsi hormonal (pil KB) juga dapat sebagai obat untuk mengurangi nyeri haid. Dan yang terakhir adalah dengan pembedahan. Ini dilakukan bila ada penyakit endometriosis atau miom.

Dismenore tidak dapat dicegah atau dihindari. Tetapi, Anda bisa menurunkan tingkat keparahannya dengan pola hidup sehat (mengonsumsi sayur-sayuran, diet rendah lemak, dan rajin bergerak).

Salam sehat,

dr. Ester

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hamil tapi haid tidak mungkin terjadi

Hamil tapi Haid, Mungkinkah Terjadi?

Ada sebagian orang yang merasa dirinya mengalami haid saat hamil. Ketika hamil, vagina memang dapat mengeluarkan darah dari vagina. Namun, hamil tapi haid itu sebenarnya tidak mungkin terjadi.