Obat penghilang bekas jerawat paling ampuh.

S Info Penanya: S
Dok, belakang ini sering muncul jerawat di bagian lengan, makin lama warna jerawatnya menghitam . Obat apa yang cocok untuk menghilangkan bekas jerawat itu dok???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi S,

Baik jerawat maupun bekas jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang paling sering dihadapi dan selalu mengganggu penampilan. Jerawat ini tumbuh akibat tidak menjaga kebersihan muka dengan baik, ketidak seimbangan hormon seperti pada masa pubertas, menjelang menstruasi, masa kehamilan, pemakaian KB, kebiasaan makan makanan berlemak, pedas, jenis kulit berminyak, ataupun keadaan stres, kurang tidur.

Untuk menghilangkan bekas jerawat sendiri bisa secara alami ataupun menggunakan bahan kimia baik yang dijual bebas atau memang diresepkan oleh dokter.

Bahan alami yang sering dipakai untuk menghilangkan bekas jerawat adalah lidah buaya, kentang, madu, tomat, kunyit, minyak kelapa, cuka apel yang telah diencerkan sebagai masker wajah. Karena dari bahan-bahan alami tentunya butuh waktu lama untuk memudarkan bekas jerawat.

Selain menghilangkan bekasnya, Anda juga perlu mengatasi agar jerawat tidak sering muncul dengan cara :

  1. Rajin mencuci muka dan gunakan sabun pembersih wajah yang tidak mengandung scrub, dan pilih yang sesuai dengan kondisi kulit Anda.
  2. Menghindari makanan berlemak dan gorengan.
  3. Perbanyak konsumsi sayur dan buah.
  4. Minum minimal 8 gelas setiap hari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.
  5. Kurangi stres.
  6. Jangan begadang dan cukup istirahat.
  7. Gunakan produk kecantikan yang mengandung benzoyl peroxide, asam salisilat, sulfur, retinol.
  8. Jangan memencet jerawat.

Bila tips diatas dirasa belum membantu untuk mengatasi jerawat dan bekas jerawat Anda, maka Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter kulit untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jerawat di kulit kepala muncul ketika Anda tidak membilas rambut hingga bersih sehingga masih ada sisa sampo yang tertinggal dan menyumbat pori-pori

Jerawat di Kulit Kepala? Ternyata Ini Pemicunya

Sama seperti jerawat di wajah, jerawat di kulit kepala terjadi karena ada penyumbatan pori-pori folikel rambut. Gunakan sampo antibakteri untuk membantu membasmi jerawat yang muncul di kulit kepala.