Apa aman mengonsumsi obat ketika haid?

DN Info Penanya: DN
Malam dok mau tanya, kan saya habis operasi gigi dikasih obat untuk menghentikan pendarahan gusi, tapi saat ini saya jg sedang menstruasi apakah obatnya berpengaruh pada menstruasi jika dikonsumsi skrg?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi DN,

Apa nama obat yang diberikan? Semuanya tergantung pada obat-obatan yang diminum. Bila obat yang diberikan sebatas penghilang nyeri dan antibiotik, yang biasanya diberikan setelah melakukan tindakan pada gigi, maka tidak akan mempengaruhi haid Anda. Namun bila yang diberikan berupa obat-obatan untuk mengurangi perdarahan maka tentu akan mempengaruhi haid Anda.

Saat ini diperhatikan saja apa gusinya masih berdarah, Anda bisa mencegahnya tanpa mengonsumsi obat dengan cara :

  1. Minum minuman yang dingin atau kompres gusi dengan es batu.
  2. Hindari minum minuman hangat.
  3. Jangan berkumur-kumur.
  4. Hindari mengunyah pada bagian yang sakit, dan hindari makanan yang keras-keras.
  5. Makan makanan yang mudah dicerna misal nasi tim, bubur.

Bila Anda mengalami perdarahan gusi, maka mau tidak mau obat harus diminum. Misal sampai berdampak pada haidnya, jangan cemas karena siklus haid bulan depan akan kembali normal setelah obat dihentikan. Dan lakukan pemeriksaan ke dokter gigi bila perdarahan semakin banyak.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Melancarkan haid dengan soda sebenarnya adalah mitos

Minum Soda Bisa Bikin Haid Semakin Lancar, Benarkah?

Melancarkan haid dengan soda seringkali disarankan oleh banyak orang. Hal tersebut bertujuan untuk memperlancar keluarnya darah sehingga siklus haid bisa dipersingkat. Tapi, benarkah demikian? Atau minuman soda malah memperburuk kondisi sakit pada haid? Ketahui info lengkapnya di sini.