Apa fungsi obat penambah darah dan kalsium?

T Info Penanya: T
Dok saya mau tanya, saya periksa ke bidan 1-4 bln dikasih penambah darah. Trus 5bln berjalan dikasih calcium. Selama itu obat saya jarang minum, merasa seperti gimana gitu saat minum. Apa dianjurkan iya untuk mengabiskan obat itu. Dan saya selama hamil cuma minum susu 1 bln sampai sekarang tidak minum..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Sore T,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Saat hamil, tentunya kebutuhan akan zat-zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh tentu akan mengalami peningkatan. Peningkatanini berkaitan dengan perubahan tubuh ibu, sekaligus untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi dalam kandungan. 

Penambah darah atau zat besi dibutuhkan oleh tubuh karena diperlukan untuk membuat hemoglobin, selain itu untuk menambah energi dan mengatasi anemia. Ketika ibu hamil mengalami anemia tentunya membuat ibu hamil mudah lemas dan kelelahan. Anemia yang lebih parah akan membuat sistem kekebalan tubuh ibu menjadi lemah dan mudah terkena infeksi. Selain pada ibu, anemia juga berisiko pada bayi, seperti meningkatkan kelahiran prematur, berat badan lahir rendah dan kematian bayi. Jadi sebaiknya tetap konsumsi suplemen penambah darah, apalagi jika Anda mengalami kekurangan zat besi. Jangan lupa untuk konsumsi sayur dan buah (seperti bayam) dan konsumsi kebutuhan air putih Anda.

Kalsium digunakan untuk membuat tulang dan gigi, mengembangkan jantung, saraf dan otot. Selain itu kalsium juga menurunkan resiko dari tekanan darah tinggi (hipertensi) yang merupakan salah satu komplikasi kehamilan yang berbahaya. Selain dari suplemen, kalsium dapat didapatkan dari susu, keju, yogurt, brokoli dan bahan makanan lainnya.

Tetap jaga konsumsi nutrisi harian Anda, jangan ragu untuk konsultasi lebih lanjut ke dokter kandungan mengenai kebutuhan vitamin Anda.

Semoga bermafaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada berbagai gerakan senam hamil yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah

Bugarkan Tubuh dengan 7 Gerakan Senam Hamil yang Mudah Ini

Senam hamil bisa menjadi pilihan bila Anda tak ingin mengeluarkan keringat berlebihan. Dari berbagai gerakan senam hamil, ada beberapa gerakan yang dapat meningkatkan kelenturan maupun kekuatan tubuh para calon ibu.