21 Nov 2020, 12:58Penyakit Lainnya

Amankah Minum Suplemen Hati Lebih Dari Satu ?

CA
Info Penanya: CA0
Dok saya mau tny apakah obat hepa balance dan hp pro boleh diminum bersamaan? Karena sblmny saat mengkonsumsi hepa balance saja tidak ada masalah, tetapi setelah di tambah hp pro setelah dikonsumsi malah muncul pusing.. Apakah itu berarti tidak cocok obatnya dan harus dihentikan? Apakah tidak masalah? Terima kasih.
404 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat pagi CA,Terimakasih atas pertanyaannya.Hepa-balance merupakan suplemen herbal yang digunakan untuk kesehatan organ hati. Fungsinya adalah untuk memelihara kesehatan hati, bukan untuk mengobati penyakit pada organ hati. Komposisi dari Hepa-balance adalah ekstrak Schisandra chinensis Fructus, lesitin, ekstrak Silybum marianum Semen, kurkumonoid, dan vitamin B6.HP-Pro juga merupakan suplemen herbal untuk menjaga kesehatan fungsi hati. Kandungan didalamnya terdapat Schizandrae fructus extractum siccum 7,5 mg, amylum maydis, silikon dioksid koloidal, magnesium stearat.

Penggunaan Suplemen Hati Lebih Dari Satu

Pada umumnya obat herbal yang digunakan sesuai anjuran dan tidak berlebihan jarang menimbulkan efek samping. Namun perlu dilihat kembali indikasi apakah perlu atau tidak meminum suplemen hati bahkan lebih dari satu jenis.Penggunaan yang berlebihan ini justru memperberat kerja hati untuk membuang kandungan yang berlebihan atau yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu mengkonsumsi suplemen hati harus diimbangi dengan gaya hidup sehat.Terdapat kandungan yang sama didalam Hepa-balance dan HP-Pro yaitu Schizandrae. Apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan sakit perut, gangguan lambung seperti mual, pusing, ruam kulit, gatal, dan menurunnya nafsu makan. Selain itu perlu diingat pula ada beberapa bahan yang mungkin dapat berinteraksi meningkatkan efek didalam tubuh bila digabungkan dan justru memberikan efek berlebihan dan dampak negatif bagi tubuh.Sebaiknya untuk tidak mengkonsumsi suplemen kesehatan yang memiliki fungsi yang sama apalagi kandungan yang sama bila tidak ada anjuran dari dokter. Apabila ingin memilih suplemen kesehatan dapat didiskusikan terlebih dahulu dengan dokter terkait kesehatan tubuh anda.Semoga bermanfaat. Salam sehat.dr. Pany CL 
suplemenkeracunangagal hatipola hidup sehat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil