21 Sep 2020, 17:25Gigi & Mulut

Apa obat nyeri yang ampuh untuk sakit gigi?

NS
Info Penanya: NS0
Dok, saya sakit gigi.. siang tadi saya sudah meminum potassium diklofenak 50mg selang 2 jam saya minum panadol extra.. tapi nyeri nya belum juga berkurang.. apakah ada rekomendasi obat lainnya? Apakah tidak apa2 saya meminum obat2 tersebut dalam waktu berdekatan?
398 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, NS.Ada berbagai macam obat-obatan antinyeri yang bisa dikonsumsi untuk meringankan rasa sakit. Akan tetapi, kebanyakan obat-obat tersebut adalah obat golongan keras, yang dianjurkan untuk dikonsumsi dengan resep dokter. Obat antinyeri yang termasuk obat bebas dan obat bebas terbatas adalah paracetamol (salah satu merek dagangnya adalah panadol yang Anda konsumsi) dan ibuprofen 200 mg.Sedangkan potassium diklofenak yang Anda konsumsi tergolong obat keras, yang sebaiknya tidak dibeli tanpa resep dokter. Obat tersebut dapat memiliki efek samping mual, muntah, sembelit, pusing, bahkan sakit kepala.Lalu, menjawab pertanyaan Anda, sampai sejauh ini, tidak ditemukan interaksi yang membahayakan apabila mengonsumsi paracetamol dan potassium diklofenak bersamaan. Akan tetapi, karena keduanya berfungsi sebagai antinyeri, sebaiknya cukup konsumsi salah satunya saja.Kemudian, berikut rekomendasi hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk meringankan sakit gigi yang Anda alami:
  • Berkumur dengan air garam hangat
  • Mengompres pipi dengan handuk dingin
  • Mengonsumsi bahan-bahan alami seperti minyak cengkeh atau daun jambu
  • Mengonsumsi obat antinyeri yang dijual bebas, yang telah disebutkan di atas
Apabila nyeri tak tertahankan, berkonsultasilah ke dokter gigi untuk mendapatkan jenis obat antinyeri yang lebih keras. Lalu, setelah nyeri mereda, segeralah lakukan tindakan penambalan atau pencabutan, agar sakit gigi tidak timbul lagi di kemudian hari. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
sakit gigiparacetamolobat bebas terbatas
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil