Obat melancarkan haid apa dok?

RK Info Penanya: RK, Wanita, 2019 Tahun
Obat untuk melancarkan haid apa dok???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi R,

Berdasarkan keluhan yang anda alami, haid atau mesntruasi adalah pengeluaran darag secara periodik yang berasal dari rahim. Perdarahan biasa 3 sampai 5 hari. Siklus haid normal 28-35 hari. Beberapa penyebab yang menyebabkan haid tidak lancar seperti stres berkepanjangan, penyakit yang mendasari, penggunaan alat kontrasepsi, keadaan pra menopause dan hormon yang tidak seimbang. ntuk melancarkan haid bisa dimulai dari alami seperti perubahan gaya hidup baru obat.

Disarankan untuk:

1. Istirahat yang cukup. Stres dan capek dapat membuat siklus haid tidak normal. Karena stres terkadang anda bisa mengalami hadi sebulan dua kali. Hentikan bergadang, tidur cukup 7-8 jam. Hindari minum kafein, kopi dsn teh di malam hari.

2. Meditasi dapat membantu menyeimbangkan kadar hormon di dalam tubuh dan mengurangi stres. Disarankan untuk meditasi setiap pagi atau malam sebelum tidur.

3. Berlatih yoga. Dari penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa yoga dapat membuat haid menjadi teratur. Dalam seminggu disarankan melakukan yoga 35-40 menit sebanyak 5 kali dalam seminggu.

4. Menjaga berat badan tetap ideal.

5. Menganti alat kontrasepsi jika menggunakan kb implan, kb suntik atau kb spiral.

6. Terapi hormon yang mengandung esterogen dan progesteron. Biasanya terapi hormon diberikan jika berkonsultasi dengan dokter.

7.  Mengkonsumsi vitamin D dapat mengatur ovulasi menjadi teratur.

8. Olahrga teratur dapat melancarkan aliran darag.

9. Mengatasi penyakit mendasari. Beberapa penyakit ada yang menyebabkan haid tidak lancar. Maka dari itu jika dengan cara diatas tidak ada perbaikan. Segera konsultasikan ke dokter.

Semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

Dr. Sylvi 

(maks. 500 karakter)