Obat mata minus yang baik itu apa?

NN Info Penanya: NN, Pria, 1819 Tahun
Dok cara mengurangi mata minus yang udah gede gimana dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang pak NN,

Mata minus atau bahasa kedokterannya miopia artinya ialah bila penglihatan baru mencapai optimal (bayangan cahaya dan gambar yang masuk jatuh tepat di retina) dengan penggunaan lensa koreksi negatif. Kenali lebih dahulu gejala miopia agar tidak salah membedakannya dengan penyakit mata lain ya Pak. Mata minus dapat terjadi karena:

1. Perkembangan bola mata selama masa pertumbuhan yang kelewat lonjong sehingga berkas cahaya dibiaskan sampai depan retina saja dan penglihatan buram. Penyebabnya: genetik atau keturunan, kekurangan vitamin A dan D, kebiasaan membaca atau menonton terlalu dekat.

2.Selain itu, mata minus juga bisa disebabkan oleh gangguan pada kornea dan lensa mata, yang berfungsi untuk memfokuskan cahaya pada retina seperti kornea tebal dan permukaannya tidak normal sehingga pembiasan cahaya tidak jatuh tepat di retina, lensa sendiri yang terletak di interior tengah mata dapat abnormal sehingga tidak berelaksasi (memipih) ketika melihat jauh sehingga bayangan jatuh di depan retina.

3. Selain itu ada kondisi penyakit mata lain yang dapat menyerupai mata minus:

  • Mata lelah merupakan sindrom atau kumpulan gejala yang terjadi akita melihat terlalu lama pada posisi dekat sehingga otot-otot bola mata kaku dan mata jadi susah fokus, hal ini ditambah juga dengan radiasi komputer atau radiasi blue light gadget yang menurunkan sensitivitas saraf mata. Gejalanya: penglihatan kabur, mata dan dahi tegang, mata perih dan berair.
  • Mata silinder atau bahasa kedokterannya astigmatisme disebabkan kornea mata mengalami ketidaksempurnaan bentuk. Kornea seharusnya memiliki bentuk cembungan yang sempurna, menyerupai lengkungan pada bola. Pada mata silinder, cembungan bola mata menyerupai bola rugbi. Gejalanya ialah gangguan melihat berupa huruf atau garis terlihat dobel sehingga susah membedakan huruf V dan W. Penderita biasanya mengeluh kesulitan membaca tulisan yang kecil.
  • Mata malas atau bahasa kedokterannya Ambliopia. Mata malas terjadi ketika koneksi saraf dari salah satu mata ke otak tidak terbentuk secara sempurna pada masa kanak-kanak. Umumnya pada anak yang tinggal di lingkungan suram sehingga tidak terlatih matanya melihat berbagai objek dan kecerdasan penglihatannya tidak terbentuk. Atau sedari kecil minus namun tidak diperbaiki sehingga otak menjadi terbiasa tidak peka dan mengabaikan sinyal dari mata yang buruk.
  • Cedera saraf utama penglihatan atau papil nervus optikus karena infeksi daerah otak dekat cabang saraf ke mata, karena benturan keras ke daerah kepala dekat sambungan saraf mata ke otak, dan lain-lain penyakit saraf mata dan otak (neuritis). Pada kasus ini bayangan objek dibiaskan jatuh ke retina tapi memproses informasi dari saraf sudah tidak maksimal.

Oleh karena itu Bapak jika belum pernah memeriksakan ke dokter spesialis mata jangan ragu. Dokter spesialis mata akan menanyakan gejala-gejala yang muncul, sejak kapan munculnya gejala tersebut setelah itu dokter spesialis mata akan melakukan pemeriksaan ketajaman mata dengan menggunakan diagram huruf dan angka (Snellen chart) pada jarak 6 meter. Jika dicurigai menderita mata minus Bapak akan dibimbing menggunakan kacamata trial yang lensanya bisa bongkar pasang mulai dari pemasangan lensa minus 0,5 lalu 1 lalu 1,5 dst sampai mampu membaca deretan huruf dan angka pada baris bawah snellen chart yang normal (baris 6/6 atau 20/20).

Jika dokter mencurigai adanya masalah mata lain dokter dapat melakukan pemeriksaan bagian depan bola mata untuk melihat kelengkungan kornea dan ada tidaknya luka di sana, pemeriksaan lensa mata untuk mengetahui kejernihan lensa, terakhir pemeriksaan retina dan saraf mata, untuk melihat adanya kerusakan pada retina atau saraf mata.

Setelah diagnosa mata minus ditegakkan maka dokter akan membahas opsi atau pilihan yang sesuai dengan tingkat minusnya dan kenyamanan pasien. Ada empat macam terapinya dan sampai saat ini belum ada obat-obatan yang dapat mengurangi mata minus.

  1. Menggunakan kaca mata adalah salah satu terapi yang paling efektif dan tidak beresiko
  2. Menggunakan lensa kontak
  3. Operasi LASIK, selengkapnya tentang LASIK bisa dibuka tautannya.
  4. Operasi tanam lensa mata. Pada minus di atas 15 maka mengubah kecembungan kornea menjadi lebih tipis tidak bisa membuat bayangan jatuh tepat di retina.  Dokter mata akan memasukkan lensa ke dalam mata tanpa membuang lensa mata asli. Sehingga pasien tidak perlu memakai kacamata tebal lagi di luarnya karena sudah ada lensa minus tanam.

Perlu dijaga juga kesehatan matanya ya Pak agar tidak terkena gangguan seperti mata lelah atau kekurangan nutrisi atau kerusakan saraf mata akibat radiasi yang dapat memperberat mata minus yang sudah ada. Tipsnya:

  • Menghindari melihat gadget terlalu lama seperti handphone, komputer, televisi, dsb.
  • Menggunakan pola 20-20-20 ketika pekerjaannya selalu di depan komputer. Artinya setiap 20 menit sempatkan bergerak mencari pemandangan dengan jarak 20 kaki atau 6 meter selama 20 detik, ini akan menurunkan ketegangan otot mata dan lensa mata.
  • Konsumsi makaanan sehat dan seimbang, khususnya kuning telur, susu, sayur hijau dan buah kuning oranye. Makanan tsb kaya lutein, xanthin, vitamin A, C, dan D.
  • Memeriksakan mata secara rutin.
  • Menggunakan kacamata sesuai anjuran dokter.

Salam sehat,

dr. Andry Yoshua

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mata silinder atau mata minus pada anak membuat penglihatan menjadi kabur dan buram sehingga anak harus memakai kacamata

Tidak Selalu Akibat Gaya Hidup, Ini Penyebab Anak Alami Mata Minus

Mata silinder atau mata minus pada anak bisa terjadi karena bawaan lahir dan tidak selalu karena gaya hidup