Obat lambung dari dokter gigi, apa hubungannya?

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
Dok, Kemarin setelah dari klinik gigi saya diberikan obat lambung hufadine sama farsifen padahal saya tidak ada sakit lambung. Mohon infonya dokter terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi L,

Sakit gigi merupakan salah satu alasan tersering kenapa seseorang periksa ke dokter gigi. Sakit gigi ini bisa disebabkan oleh gigi yang berlubang, retakan pada gigi yang tidak tampak dengan kasat mata, abses gigi, tambalan gigi yang lepas, bruxism, atau radang pada gusi.

Tentunya setelah dokter gigi melakukan pemeriksaan pada gigi yang bermasalah, maka dokter gigi akan melakukan perawatan pada gigi tersebut dan dibantu dengan obat-obatan untuk mengurangi keluhan yang Anda rasakan.

Farsifen merupakan obat pereda nyeri dengan kandungan ibuprofen yang seringkali diresepkan oleh dokter gigi untuk mengurangi keluhan nyeri pada gigi Anda, sehingga Anda merasa lebih nyaman dan bisa makan tanpa harus merasakan nyeri gigi yang berlebihan. Namun obat ini sering menimbulkan keluhan mual, nyeri ulu hati, atau perut terasa perih bila diminum oleh orang-orang yang memiliki masalah di lambung.

Sedangkan hufadine merupakan salah satu obat lambung dengan kandungan ranitidin yang diberikan untuk mengurangi efek samping pemakaian farsifen tadi. Selain itu dengan pertimbangan bahwa penderita sakit gigi tentunya akan malas makan atau makan lebih sedikit, sehingga bila makan tidak teratur/ kurang makan masih ditambah dengan obat pereda nyeri maka dikhawatirkan akan mengiritasi lambung, sehingga dokter gigi akan meresepkan obat lambung sebagai pencegahannya.

Selain mengobati gigi yang sakit, Anda juga perlu membiasakan menyikat gigi secara teratur dengan cara yang benar, kurangi konsumsi makanan yang terlalu manis dan lengket, bersihkan sela gigi menggunakan dental floss, dan lakukan kontrol rutin secara berkala ke dokter gigi.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Permen bisa menjadi makanan perusak gigi karena memiliki kandungan gula yang tinggi

Sayangi Gigi Anda dengan Mengurangi Konsumsi Makanan Perusak Gigi Ini

Banyak orang menghindari makanan perusak gigi. Padahal, yang menjadi masalah bukan makanannya, tapi seberapa lama gigi terpapar makanan itu. Permen hingga roti seringkali dicap sebagai makanan perusak gigi.