01 May 2021, 13:42Kandungan

Apakah metronidazole boleh digunakan saat hamil awal?

N
Info Penanya: N, Wanita, 22 Tahun
Dok sya tadi habis usg sekalian konsul keputihan ke spog krna keputihan saya menggumpal dan warnanya bukan putih bersih , agak bau terus saya dikasih obat fladystin metronidazole . Lalu saya cek di google ternyata tidak dianjurkan untuk ibu hamil trimester 1 , smentara ini usia kandungan saya masih 11week 3day . Apakah ngga papa dok saya tetap pakai obat itu ?
288 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, NTerima kasih atas pertanyaannya.Keputihan pada kehamilan merupakan hal yang wajar terjadi terkait faktor hormonal yang naik turun.  Ketika keputihan terjadi berlebihan, berbau, menimbulkan gatal dan panas di kelamin itu yang dapat dikatakan abnormal. 

Penyebab keputihan abnormal :

  • Infeksi jamur akibat candida yang menumpuk di vagina sehingga menimbulkan keputihan yang kental, kekuningan, serta gatal di vagina.
  • Vaginosis bakterialis yang ditandai dengan keputihan yang kehijauan, berbau menyengat, kental, dan menimbulkan panas di vagina.
  • Gonore, sifilis, klamidia yang akan memberikan gejala keputihan hijau kental, berbau busuk, gatal, panas, serta nyeri saat buang air kecil.
Fladystin adalah obat yang dimasukkan melalui vagina dan mengandung metronidazole dan nistatin yang dapat mengatasi infeksi bakteri dan jamur.  Metronidazole memiliki kategori B digunakan oleh kehamilan dan memang tidak dianjurkan pada kehamilan trimester pertama namun tentunya hal ini bergantung pada pemeriksaan dokter spesialis kandungan anda karena dokter akan memberikan obat ketika manfaat lebih besar dibanding efeknya.  Untuk itu sebaiknya konfirmasi ulang dengan dokter spesialis kandungan anda terkait penggunaan obat yang diberikan agar tidak menimbulkan kekhawatiran di kemudian hari. Selain dengan pengobatan, jaga kebersihan kelamin dan lebih sering mengganti celana agar area kelamin tidak terlalu lembab juga menjadi salah satu cara mengatasi keluhan yang anda rasakan. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
infeksi bakteriinfeksi jamurmengonsumsi obat saat hamilkeputihan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil