Obat hydrocortisone adalah obat apa?

YP Info Penanya: YP, Wanita, 2019 Tahun
obat Hydrocortisone obat apa
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang Y, 

Berdasarkan pertanyaan anda. Hydrocortison adalah obat golongan kortikosteroid yang berfungsi untuk anti inflamasi. Anti inflamasi adalah meredakan bagian tubuh yang sedang mengalami peradangan seperti beberapa kondisi radang, bengkak, alergi, asma, dermatitis, neurodermatitis, eksim, gatal-gatal, gangguan adrenal, peradangan sendi, lupus, dan kelainan kulit lainnya. Hydrocortisone dijual dalam bentuk obat topikal yang dioles, obat suntik, dan obat makan. Obat ini termasuk obat keras yang hanya didapat oleh resep dokter. Untuk dosis dan cara pemakaian dianjurkan sesuai anjuran dokter. Efek samping dari penggunaan obat ini dapat mengakibatkan rasa perih, terbakar, iritasi kulit, timbul jerawat, penipisan kulit, perubahan warna kulit, reaksi alergi.

Maka dari itu disarankan untuk konsultasikan terlebih dahulu keluhan dan dokter akan menyarankan obat mana yang cocok. Semoga bermanfaat. 

Salam Sehat,

Dr. Sylvi

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gatal adalah salah satu reaksi alergi dingin, debu, makanan, dan obat pada anak yang umumnya terjadi

11 Ciri-Ciri Alergi Obat pada Anak yang Harus Diketahui Orangtua

Terdapat berbagai jenis alergi, seperti alergi dingin, debu, makanan, sampai obat. Alergi obat bisa terjadi pada sebagian anak yang menimbulkan reaksi alergi setelah terpapar obat. Ciri-ciri alergi pada anak antara lain adalah ruam kulit, biduran, gatal, dan bengkak.