Obat hydrocortisone adalah obat apa?

YP Info Penanya: YP, Wanita, 2019 Tahun
obat Hydrocortisone obat apa
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang Y, 

Berdasarkan pertanyaan anda. Hydrocortison adalah obat golongan kortikosteroid yang berfungsi untuk anti inflamasi. Anti inflamasi adalah meredakan bagian tubuh yang sedang mengalami peradangan seperti beberapa kondisi radang, bengkak, alergi, asma, dermatitis, neurodermatitis, eksim, gatal-gatal, gangguan adrenal, peradangan sendi, lupus, dan kelainan kulit lainnya. Hydrocortisone dijual dalam bentuk obat topikal yang dioles, obat suntik, dan obat makan. Obat ini termasuk obat keras yang hanya didapat oleh resep dokter. Untuk dosis dan cara pemakaian dianjurkan sesuai anjuran dokter. Efek samping dari penggunaan obat ini dapat mengakibatkan rasa perih, terbakar, iritasi kulit, timbul jerawat, penipisan kulit, perubahan warna kulit, reaksi alergi.

Maka dari itu disarankan untuk konsultasikan terlebih dahulu keluhan dan dokter akan menyarankan obat mana yang cocok. Semoga bermanfaat. 

Salam Sehat,

Dr. Sylvi

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Meski bisa dibeli dengan mudah, penggunaan obat bebas terbatas tidak boleh sembarangan

Mengenal Obat Bebas Terbatas, Jenis, dan Pedoman Penggunaannya

Meski bisa dibeli tanpa resep dokter, terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat menggunakan obat bebas terbatas. Apa saja itu?