Obat hipertensi apa yang bisa digunakan?

HH Info Penanya: HH, Pria, 19 Tahun
Pasien umur 70 tahun Tensi 160/90, pusing, kaki bengkak, disertai kesemutan , saya bertanya obat hipertensi yang di gunakan jenis diuretik (hindrochlorothiazide), atau jenis Acc inhibitor (katopril/ramipril).
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang HH,

Hipertensi atau tekanan darah tinggi ditandai dengan peningkatan tekanan darah sistolik dan diastolik diatas 130/90. Pengukuran juga perlu dilakukan setidaknya 2 kali pada waktu berbeda untuk memastikan seseorang mengalami hipertensi. 

Pada kasus yang disebutkan perlu dilakukan evaluasi terhadap kondisi kesehatan lain mengingat usia yang sudah 70 tahun seperti misalnya adanya diabetes ataupun riwayat sakit lain seperti gangguan jantung, gangguan ginjal atau lainnya untuk menentukan terapi. Karena ada indikasi ke arah sana dari keluhan kaki bengkak, kesemutan dan juga pusing yang timbul. Jadi baiknya dilakukan pemeriksaan lebih lengkap pada dokter atau dokter penyakit dalam.

Menurut paduan yang dikeluarkan oleh joint national committee 8 (JNC 8). Apabila tidak ada diabetes atau gagal ginjal bisa dipilih salah satu dari golongan antihipertensi yang disebutkan baik tiazid ataupun golongan ace inhibitor ataupun kombinasi. Sedangkan jika ada diabetes maka lebih baik golongan tiazid atau penghambat kanal kalsium, dan jika ada gagal ginjal maka lebih baik golongan ace inhibitor atau penghambat reseptor angiotensin II. Untuk itu perlu diperhatikan lebih jauh mengenai kondisi pasien, dan juga efek samping dan indikasi dari obat-obatan yang akan diberikan.

Selain obat-obatan tentunya perlu juga diperhatikan pola hidup sehari-hari seperti asupan makanan, pola istirahat, aktivitas fisik dan lainnya agar bisa menjaga tekanan darah tetap normal. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Meski memiliki segudang manfaat, daun binahong ternyata juga memiliki efek samping untuk kesehatan

Kenali Manfaat Daun Binahong, tapi Jangan Konsumsi Berlebihan

Manfaat daun binahong untuk kesehatan sangatlah beragam. Namun yang perlu diingat, jangan berlebihan mengonsumsinya.