Obat flu yang aman untuk ibu hamil

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
halo dokter, saya sedang hamil 4 bulan. saya ada alergi debu dan sering sekali bersin bahkan sampe flu. karena sangat mengganggu bersin mulu dan flu jadi saya sering minum obat flu beli di warung. saya mau nanya apa ada obat bersin dan flu yang aman untuk ibu hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Alergi dapat diidap siapapun karena faktor genetik dan seringkali menetap seumur hidup. Faktor pemicu yang disebut alergen ini bisa bermacam-macam seperti debu, dingin, makanan (telur, udang, kepiting, dan jenis makanan laut lainnya, bulu binatang, serbuk bunga, dll) yang bila terpapar alergen ini maka penderita akan timbul reaksi alergi berupa ruam merah yang menimbul dari kulit sekitarnya, gatal, panas, bersin-bersin, pilek, batuk, sesak napas, wajah bengkak. Dan bila terdapat wajah bengkak dan sesak napas maka perlu lebih berwaspada karena lebih berisiko mengancam nyawa.

Karena alergi ini sering menetap seumur hidup, dan alergi tidak bisa disembuhkan, maka yang dapat dilakukan adalah menghindari alergen dan berusaha meningkatkan daya tahan tubuh Anda dengan cara :

  1. Perbanyak konsumsi sayur dan buah.
  2. Minum air putih 8 gelas per hari untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh.
  3. Tidur secara teratur, sebisa mungkin jangan begadang.
  4. Olahraga secara teratur agar tubuh lebih bugar.

Bila Anda memang alergi debu, maka usahakan selalu pakai masker bila beraktivitas diluar ruangan, terlebih kondisi Anda sedang hamil, karena dengan sendirinya ketika sedang hamil maka daya tahan tubuh Anda akan sedikit menurun dibanding keadaan tidak sedang hamil. Sehingga akan tampak semakin sering kambuh alerginya ketika sedang hamil. Untuk pemakaian obat golongan antihistamin, sebaiknya Anda melakukan konsultasi dengan dokter kandungan untuk keamanan obat-obat yang Anda minum atau melakukan tes alergi untuk mengetahui faktor apa saja yang memicu reaksi alergi Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Masturbasi saat hamil dapat menjadi alternatif lain dari bercinta bersama pasangan

Masturbasi saat Hamil, Memang Boleh?

Masturbasi saat hamil dapat menjadi alternatif lain dari bercinta bersama pasangan. Masturbasi bahkan disinyalir dapat mengurangi stres yang terjadi selama kehamilan. Namun, apakah ini benar-benar aman?