04 Jul 2021, 21:32Psikologi

Obat depresi alami paling ampuh

FF
Info Penanya: FF, Wanita, 30 Tahun
Dok, selain berobat ke psikiater, adakah obat depresi alami yang bisa digunakan? Soalnya temanku mengidap depresi yang cukup parah.
485 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat malam FF,Depresi adalah kondisi ketika seseorang mengalami penurunan mood yang ditandai dengan rasa sedih berkepanjangan. Depresi juga ditandai dengan anhedonia, yaitu kehilangan minat untuk melakukan apapun (termasuk hal-hal yang disukai). Terkadang, penderita juga memiliki suicidal thought atau keinginan untuk bunuh diri. Jadi, depresi bukan hal yang main-main dan perlu ditangani secara serius.Penanganan depresi umumnya adalah dengan berkonsultasi kepada dokter spesialis kejiwaan, untuk mendapatkan konseling dan psikoterapi. Terkadang, pemberian obat-obatan antidepresan pun diperlukan dengan dosis yang disesuaikan dengan berat-ringannya depresi.

Apa Obat Depresi Alami?

Mengenai obat depresi alami, hal ini bisa dijadikan pendamping dalam pengobatan penderita dengan psikiater. Anda dapat mencoba melakukan hal-hal berikut, ya:
  • mengonsumsi vitamin asam folat dan omega-3
  • mengonsumsi buah alpukat, karena kandungan triptofannya mampu meningkatkan produksi hormon bahagia serotonin
  • berolahraga, karena mampu meningkatkan produksi hormon bahagia endorfin
  • menghirup essential oil dengan aroma yang menenangkan, misalnya lavender
Selain itu, dukungan dari kerabat, keluarga, dan sahabat sangatlah penting bagi penderita depresi. Jika penderita adalah teman Anda, maka usahakan untuk selalu ada jika ia ingin berbagi keluh kesah. Ketika mendengarkan ceritanya, hindari berkomentar yang bernada menghakimi. Cukup dengarkan secara baik-baik, dan berikan pendapat jika diminta. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
mengatasi depresidepresipenyebab depresi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil