15 May 2021, 22:15Penyakit Lainnya

Bagaimana cara mengatasi demam pada orangtua ?

AS
Info Penanya: AS0
Permisi dokter, ingin bertanya, ibu saya umur 49thn, saat ini sakit demam tetapi yg panas hanya kepala saja dan merasakan pusing. Sudah 4 hari dok,kalau menurut saya, beliau keletihan dok. Saya dpt rekomendasi 2 obat yaitu anadex dan neuralgin menurut dokter, apakah kedua obat itu sangat ampuh untuk menyembuhkannya, sebaiknya meminum obat yg mana untuk ibu saya?
182 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, A.Saat ibu demam, anak merasa sedih terlebih demam tidak kunjung turun walau ibu sudah minum berbagai obat. Demam terjadi saat tubuh mencoba melawan penyebab infeksi masuk ke tubuh baik virus, bakteri atau jamur, sehingga tidak perlu buru-buru minum obat, biarkan imun tubuh berkerja dan tetap berikan ibu cairan yang cukup sehingga terhindar dari dehidrasi.

Apa penyebab demam pada orang tua ?

Penyebab demam baik pada orang tua maupun anak umumnya sama. Beberapa penyakit yang dapat menyebabkan demam antara lain :
  • Demam berdarah dengue dimana demam tinggi terjadi secara tiba-tiba diikuti keluar bintik merah di kulit, mimisan dan gusi berdarah. Tidak jarang diikuti nyeri kepala hebat serta mual muntah.
  • Demam tipes.
  • Infeksi saluran nafas.
  • Infeksi saluran kemih.
  • Kurang minum dan kelelahan.
  • Diare.

Apa obat yang ampuh menurunkan demam ?

Beberapa obat yang dapat menurunkan demam antara lain parasetamol dan ibuprofen dimana orang dewasa dapat konsumsi obat 3 x 1 tablet setelah makan. Obat anadex mengandung kombinasi parasetamol, chlorpeniramine maleat, phenylpropanolamine maleat, dextromethorphan Hbr, dimana obat digunakan untuk mengatasi batuk pilek disertai demam dan hidung tersumbat.Obat neuralgin mengandung kombinasi methampyron, pyridoxine, trimethylxantine, cyanocobalamine dan thiamin yang berfungsi untuk meredakan nyeri dan memperbaiki fungsi saraf.Sebaiknya ibu Anda konsumsi obat neuralgin dengan dosis 3 x 1 tablet setelah makan. Namun jika demam tinggi tidak membaik, nyeri kepala hebat, ada mimisan dan gusi berdarah, segera konsutasi ke dokter penyakit dalam. Jangan lupa untuk minum yang cukup, makan bergizi dan istirahat ya. Agar tubuh sehat kembali.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
infeksi saluran kemihdemam berdarah denguedemam tifoid
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil