Obat cyclo progynova

AF Info Penanya: AF, Wanita, 25 Tahun
Dok saya diberi obat cyclo progynova setelah periksa usg di dokter kandungan.,,, nahsetelah daya buka obatnya banyak sekali tulisannya, dan saya browsing efek sampingnya juga banyak termasuk kanker payudara, nyeri payudara, mual, Saya sangat tkut untuk minum obat ini dokApakah obat ini berbahaya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, A.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Cyclo progynova merupakan obat yang digunakan sebagai persiapan terapi pengganti hormon. Obat ini mengandung estradiol. Estradiol adalah salah satu bentuk estrogen. 

Fungsi dari cycloprogynova sendiri, yaitu:

  • Terapi penggantian hormon untuk meredakan gejala menopause.
  • Untuk mencegah osteoporosis.
  • Mengatasi kekurangan hormon.
  • Melancarkan siklus haid.
  • Efektif mengatasi amenore (tidak keluar haid).
  • Mencegah menopause dini.

Memang benar adanya bahwa obat ini memiliki efek samping berupa mual, nyeri payudara, kanker payudara, kanker rahim, sakit kepala, pusing, muntah, sakit perut, penambahan berat badan dll. Tetapi, jika pemakaian obat ini dibawah pengawasan dokter, maka obat ini tidak berbahaya.

Untuk itu, Anda tidak perlu khawatir akan efek samping yang ditimbulkan. Selagi efek samping tersebut masih bisa diatasi, maka Anda harus tetap mengkonsumsinya. Jika setelah mengkonsumsi obat ini timbul gejala, maka saya sarankan Anda melakukan konsultasi kembali ke dokter yang memeriksa Anda.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ginekomastia atau tumbuhnya payudara pada pria merupakan pertanda adanya ketidakseimbangan hormon

Ginekomastia, Salah Satu Sinyal Masalah Kesuburan Pria

Ginekomastia adalah salah satu gejala kesuburan pria. Hal ini terjadi saat hormon estrogen dan testosteron tidak seimbang.