23 Dec 2019, 11:39Kanker

Obat berbahan semut, cacing dan undur-undur, apakah halal?

RZ
Info Penanya: RZ, Pria, 30 Tahun
Assalamu'alaikum wr wb. dokter, saya mau konsultasi. Anggota keluarga saya ada yang divonis kanker serviks. Kita sedang mencari alternatif selain medis. Saya lihat obat herbal yang bahan pokoknya adalah semut, cacing dan undur-undur. Bagaimana sebetulnya medis melihat ini, apakah obat-obat ini halal dok? Atas penjelasannya, terima kasih.
41917 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat siang, Waalaikumusalam TS.Terimakasih atas pertanyaan Anda.Kanker serviks adalah kondisi pertumbuhan sel-sel ganas di bagian bawah leher rahim yang menghubungkan ke vagina. Kanker serviks terbagi menjadi dua jenis, yaitu karsinoma sel skuamosa dan adenokarsinoma. Kedua jenis tersebut dibedakan berdasarkan awal mula sel berasal.

Pada stadium awal, kanker serviks umumnya belum menampakkan gejala dan ketika sudah tahap selanjutnya, barulah terdapat beberapa gejala berikut, diantaranya adalah :

  • keputihan yang berbau dan disertai darah
  • perdarahan setelah berhubungan seksual
  • nyeri pinggul saat berhubungan seksual
  • perdarahan di luar periode mestruasi
Dan pada tahap yang lebih lanjut, kanker dapat menyebar dan pada jaringan lain dan menimbulkan gejala sistemik atau gejala pada keseluhuran sistem tubuh atau orga lain.

Gejala-gejala tersebut dapat meliputi :

  • nyeri pada punggung
  • BAB dan BAK menjadi sering
  • BAK disertai darah
  • bengkak pada kaki
  • mudah lelah
  • penurunan nafsu makan yang berat
  • adanya penurunan berat badan yang dapat drastis
  • dan lain-lainnya
Penyebab dari kanker serviks sendiri hingga saat ini belum dapat dipastikan. Namun, salah satu faktor yang dipercaya sebagai salah satu penyebabnya adalah infeksi human papillomavirus (HPV). Serta faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko untuk terjadinya kanker serviks seperti, seringnya berganti pasangan seksual, berhubungan seksual terlalu dini, terjangkin infeksi menular seksual, kelemahan pada sistem kekebalan tubuh, merokok dan ada riwayat penderita kanker serviks dalam keluarga.Pengobatan kanker serviks ini umumnya akan disesuaikan dengan tingkat keparahannya, sehinga pengobatannya dapat berbeda antara setiap penderita. Secara medis, fase awal perkembangan penyakit ini ditangani dengan operasi, radioterapi, atau kombinasi dari kedua jenis terapi tersebut. Sedangkan pada fase selanjutnya, radioterapi dengan atau tanpa prosedur kemoterapi umum adalah pilihannya.Terkait dengan pertanyaan Anda, obat-obatan herbal sebagai alternatif pengobatan medis apabila berasal dari bahan (tanaman atau hewan) yang manfaatnya sudah jelas ataupun sudah melalui berbagai riset dan terbukti, barulah dapat dijadikan alternatif pilihan. Namun untuk obat herbal yang berasal dari semut, cacing dan undur-undur, belum ada riset resmi yang menyatakan manfaat dan keamanannya, khususnya terhadap kanker serviks. Selain itu semut, cacing dan undur-undur mungkin dapat memberikan efek samping yang tidak diinginkan yang mungkin dapat memberikan dampak tidak baik kepada tubuh. Mengenai aspek kehalalannya, masih merupakan kontroversi diantara para ulama, dan untuk pembahasan lebih dalam dari sudut pandang agama, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan ulama ataupun ahli agama yang juga mendalami dunia kesehatan.Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.Salam sehat,dr. Rahmita Dewi
penyakit wanitakanker serviksherbal
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil