Obat batuk berdahak dan demam untuk anak 15 bulan?

RY Info Penanya: RY
anak saya umur satu 15 bulan dengan berat badan 11 kg.batuk berdahak dan demam.mohon rekomendasi obat apa yang bagus dan aman dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, RY

Ada banyak macam obat batuk berdahak untuk anak, namun sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan Dokter Anak untuk pemberian resep obat yang sesuai untuk penyebab batuknya. Penyebab batuk berdahak untuk usianya, seringkali disebabkan infeksi virus ataupun bakteri. Selain batuk dahak juga dapat mengakibatkan sakit tenggorokan, tidak nafsu makan dan sulit tidur di malam hari.

Penyebab yang paling sering adalah virus flu, selain batuk dahak, hidung bisa tersumbat, nyeri tenggorokan, nyeri kepala, nyeri otot dan demam ringan. Banyak minum bisa juga diberi madu untuk mengurangi sakit di tenggorokannya.

Berikutnya adalah asma dimana terjadi penyempitan saluran pernapasan, mengakibatkan batuk dahak, hidung tersumbat dan mata gatal. Pada kasus berat napas bisa menjadi cepat, sampai dengan sesak napas. 

Kemudian infeksi lain seperti batuk rejan (pertusis), pneumonia atau menghirup sesuatu yang iritatif seperti asap atau zat kimia. Jadi sebaiknya memang ke Dokter Spesialis Anak untuk tatalaksana selanjutnya. Saya lampirkan artikel mengenai Redakan Batuk Berdahak pada Anak dengan 4 Bahan Alami untuk informasi lebih lanjut.

Salam Sehat, 

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pekerja konstruksi harus lebih berhati-hati, karena rentan mengalami penyakit paru-paru

10 Pekerjaan Berisiko untuk Penyakit Paru paru

Paru-paru merupakan organ yang bekerja tanpa henti dan tidak jarang orang yang paru-parunya terserang penyakit. Ternyata, beberapa jenis pekerjaan dapat memicu penyakit paru-paru seperti bartender, tenaga kesehata hingga pekerja tambang batu bara.