Obat batuk anak

MA Info Penanya: MA, Wanita, 25 Tahun
Mau tanya dok. Anak saya batuk dan pilek..Obat sanadryl expectorant 60 ml. Apakah bisa diberikan pada anak di usia 3 th dg berat bdan 11.5 kg
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, M.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Sanadryl expectorant 60 ml merupakan obat yang digunakan untuk meredakan batuk berdahak akibat reaksi alergi. Dosis pemakaian obat ini untuk dewasa yaitu 3-4x sehari 2 sendok takar, sedangkan untuk anak-anak 3-4x sehari 1 sendok takar. Tetapi, pemakaian obat ini harus berdasarkan resep dokter. Tidak bisa sembarangan. Apalagi jika obat ini untuk anak-anak, diharapkan untuk Anda berkonsultasi dulu ke dokter anak. 

Selain dengan obat tersebut, Anda bisa meredakan batuk berdahak pada anak Anda dengan bahan-bahan alami seperti madu, air putih hangat atau teh hangat, jahe, dan daun asam. Bahan-bahan tersebut dapat Anda olah dengan baik untuk meredakan batuk berdahak pada anak Anda.

Jika batuk berdahak tidak kunjung sembuh dan disertai dengan gejala lain seperti demam, flu, muntah, segeralah berobat ke dokter agar anak Anda mendapatkan penanganan yang tepat, karena yang dikhawatirkan sedang terjadi infeksi pada tubuh anak Anda. 

Salam sehat, 

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tetanus neonatorum sering terjadi di negara berkembang akibat persalinan yang kurang steril.

Apa Saja Gejala Tetanus pada Bayi?

Tetanus pada bayi umumnya terjadi akibat proses persalinan yang kurang steril dan ibu yang tidak mendapat vaksin tetanus saat proses kehamilan. Toksin bakteri tetanus banyak ditemukan di tanah dan dapat bertahan selama kurang lebih 40 tahun. Upaya pencegahan yang disarankan adalah pemberian vaksin tetanus pertama saat bayi berusia 6 minggu. Kenali gejala-gejala tetanus sebagai antisipasi.