Obat batu ginjal yang halal, apakah ada?

L Info Penanya: L, Wanita, 24 Tahun
Assalamualaikum dokter, selamat pagi. Saya Ajeng dok. Umur saya 26 tahun dan saya mengalami batu ginjal. Kata dokter batu ginjal saya masih berukuran kecil dan ada beberapa, saya ingin bertanya apakah ada obat batu ginjal yang alami dan halal dok? atau adakah obat batu ginjal yang dari perusahaan obat tapi yang halal secara hukum islam dok? Mohon bantuannya ya Dok. Terimakasih banyak
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, R.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Batu ginjal terjadi akibat dari pengkristalan mineral dan garam sehingga menjadi membatu di dalam ginjal. Batu terbentuk karena konsentrasi mineral di urin terlalu tinggi sehingga mineral mengkristal dan menjadi satu.

Gejala-gejala dari batu ginjal, yaitu:

  • Nyeri pinggang atau perut yan dirasakan terus menerus ataupun kolik
  • Adanya darah pada urin
  • Urin yang keruh dan berbau
  • Mual dan muntah
  • Sakit mengeluarkan urin
  • Frekuensi berkemih meningkat
  • Demam dan menggigil

Batu ginjal dapat dengan sendirinya keluar lewat urine. Tapi, jika ukuran batu ginjal besar, dapat dihancurkan dengan menggunakan ultrasound atau laser. Atau bisa juga dengan operasi pengangkatan batu ginjal. Selain itu, pengobatan batu ginjal jika berukuran kecil dapat dengan obat pereda nyeri, obat antispasmodik (golongan alpha blocker atau calcium channel blocker).

Selain obat yang diberikan dokter, pengobatan batu ginjal secara alami juga dapat dilakukan dengan mengonsumsi air putih yang cukup, jus lemon, jus seledri, kacang merah, cuka apel, jus delima. Pencegahan yang terbaik untuk batu ginjal adalah mengonsumsi air putih yang cukup sekitar 8-12 gelas/hari.

Salam sehat,

dr. Ester

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Meminum air dan lemon dengan cukup dapat membantu pembentukan batu ginjal

Gantikan Peran Obat, Ini Manfaat Air Lemon untuk Penyakit Ginjal

Riset membuktikan, lemon adalah buah yang bermanfaat untuk pencegahan dan perawatan penyakit ginjal. Lemon mengandung sitrat yang dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal.