Obat batu ginjal

IH Info Penanya: IH, Wanita, 18 Tahun
Apa obat yg diperlukan ketika mengalami batu ginjal?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang, IH

Terima kasih sudah bertanya di SehatQ,

Batu ginjal dalam bahasa medis disebut nefrolitiasis merupakan salah satu penyakit pada ginjal yang dimana didapatkannya batu di ginjal. Sampai saat ini penyebab pasti batu ginjal belum diketahui. Beberapa penyebab terjadinya batu ginjal yaitu:

  • Faktor keturunan
  • Sering mengkonsumsi kacang-kacangan
  • Sering mengkonsumsi minuman bersoda
  • Kegemukan

Untuk mengatasi batu di ginjal ada beberapa cara pengobatan yaitu:

  • ESWL. ESWL  (Extracorporeal Shockwave Lithotripsy) adalah alat untuk memecah batu ginjal dengan cara menggunakan gelombang kejut yang diletakan pada daerah sekitar ginjal tanpa dilakukan tindakan operasi.
  • PCNL. PCNL (Percutaneus Nephro Litholapaxy)adalah tindakan operasi untuk mengeluarkan batu ginjal dengan cara alatnya dimasukan dari kulit dekat daerah ginjal.
  • Bedah terbuka. Bedah terbuka adalah teknik pembedahan dengan cara membuka kulit dan ginjal dengan menggunakan alat bedah.
  • Terapi Konservatif atau Terapi Ekspulsif Medikamentosa (TEM). TEM merupakan pemberian obat-obatan dengan batu ginjal kurang dari 5 mm. Biasanya obat yang diberikan yaitu golongan obat diuretik dan obat penghilang nyer.
  • Untuk obat alami biasanya menggunakan tumbuhan kumis kucing.

Sebaiknya Anda periksa langsung ke dokter spesialis Urologi untuk memastikan batunya sudah diatas 5 mm atau di bawah 5 mm. Jika dibawah 5 mm bisa Anda gunakan obat-obatan, tetapi jika batunya di atas 5 mm, harus dilakukan tindakan bedah.

Semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Anugerah

AN*
15 Oct 2019, 16:00
terimakasih dok
AN*
15 Oct 2019, 16:00
terimakasih dok
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab sakit ginjal ini bisa terjadi karena terlalu banyak mengkonsumsi minuman bersoda, daging, dan junk food

Jaga Pola Makan dan Hindari Makanan Penyebab Sakit Ginjal!

Daging hanyalah satu dari banyaknya makanan penyebab sakit ginjal! Pola makan yang baik mengurangi risiko Anda terkena penyakit gagal ginjal kronis. Ginjal tidak hanya berfungsi untuk mengeluarkan kotoran saja, tetapi juga berguna untuk memproduksi hormon yang mengontrol tekanan darah dan menghasilkan vitamin D