Obat apa yang bisa dikonsumsi atau dipakai agar luka cepat kering dan mengelupas

S Info Penanya: S, Wanita, 20 Tahun
Dok saya baru saja menghilangkan tahi lalat menggunakan obat oles dan hasilnya sudah kering tapi agak lama, saya ingin bertanya *obat apa ya yg bisa dikonsumsi atau dipakai agar luka cepat kering dan mengelupas?* Terimaksih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang S,

Nevus atau tahi lalat merupakan perubahan warna kulit akibat penumpukan pigmen kulit. Tahi lalat sendiri tidak berbahaya dan tidak perlu dikhawatirkan kecuali jika tahi lalat memiliki bentuk tidak rata, semakin bertambah besar, mudah berdarah, warnanya berubah atau batas tahi lalat tidak beraturan dimana dapat mungkin menjadi tanda tahi lalat yang mengarah ke keganasan.

Jika dirasa mengganggu atau mempengaruhi penampilan tahi lalat dapat dihilangkan dengan beberapa cara seperti tindakan bedah, menggunakan kauter atau dengan membakar lapisan kulit, ataupun dengan bedah laser. Jika menggunakan obat oles agar berhati-hati karena sembarangan produk terlebih yang tidak terdaftar di BPOM dapat menimbulkan iritasi atau masalah kulit lainnya. 

Jika saat ini timbul luka, yang bisa dilakukan adalah menjaga luka tetap kering dan bersih. Jika timbul kemerahan ataupun terasa nyeri dapat mungkin terjadi infeksi dan perlu dilakukan penganan agar diberikan obat oles antiperadangan ataupun juga obat oles antibiotik. Jika keluhan luka tidak sembuh-sembuh segera periksakan pada dokter. Semoga bermanfaat.

Salam sehat.

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Karsinoma sel basal adalah jenis kanker kulit yang paling ringan

Mengenal Karsinoma Sel Basal, Jenis Kanker Kulit yang Paling Ringan

Karsinoma sel basal adalah jenis kanker kulit yang paling ringan, tidak mudah menyebar, dan perkembangannya sangat lambat. Beberapa gejala karsinoma, antara lain sering muncul kemerahan di sebidang kulit dan benjolan di kulit.