27 Sep 2021, 00:21Psikologi

Apakah boleh obat anti depresan dari psikiater dihentikan ?

FR
Info Penanya: FR0
Teman saya ke psikiater dan diberikan obat anti depresan sebanyak 5 buah, diminum 1x sehari 1/2 tablet, namun setelah dikonsumsi kedua kalinya (udah habis 1 tablet) teman saya merasa sudah membaik, apakah bisa saya hentikan obatnya? Saya lupa menanyakan kepada dokternya ketika berobat. Terima kasih sebelumnya dok
196 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, F.Obat anti depresan adalah obat yang diberikan dokter psikiter kepada pasien-pasien yang membutuhkan. Tujuan pemberian obat anti depresan agar pasien merasa lebih tenang dan keluhan membaik. Namun obat anti depresan dari dokter psikiter bukanlah obat bebas dan tidak boleh disalahgunakan.

Apakah obat anti depresan dari psikiater boleh dihentikan ?

Teman Anda berobat ke psikiater dan diberikan obat anti depresan sebanyak 5 buah, diminum 1x sehari 1/2 tablet, namun setelah dikonsumsi kedua kalinya (udah habis 1 tablet) teman Anda merasa sudah membaik. Teman Anda boleh berhenti konsumsi obat namun dalam pengawasan orang terdekat. Jika keluhan muncul kembali maka obat dapat langsung dikonsumsi.Namun memang sebaiknya dalam memulai obat anti depresan, menghentikan obat ataupun mengurangi dosis sebaiknya konsultasi terlebih dahulu ke psikiater. Selain obat anti depresan, teman Anda harus mengubah pola pikirnya. Coba untuk tenang dalam menghadapi semua masalah yang dihadapi. Lakukan kegiatan positif dan menyenangkan. Lakukan olahraga yang dapat menenangkan pikiran seperti berenang dan yoga. Teman Anda juga boleh pergi ke tempst wisata agar merasa lebih bahagia.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
mengatasi depresipenyebab depresipsikoterapi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil