Konsumsi obat antibiotik saat berpuasa, apa tidak masalah ?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 17 Tahun
Dok mau tanya, leher saya bengkak dan sudah periksa lalu dikasih antibiotik amoxicillin trihydrate 50Omg harus diminum 3x sehari. Tapi saya mau puasa dok jadi apa tidak masalah mengkonsumsi disaat sahur, berbuka dan sbelum tidur? Atau bagaimana dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S.

Antibiotik merupakan jenis obat yang bertujuan untuk memperlambat pertumbuhan maupun membunuh bakteri yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit di dalam tubuh. Antibiotik adalah jenis obat yang tidak dapat dikonsumsi sembarangan dan perlu dibawah pengawasan dokter. Pasalnya, penggunaan antibiotik yang tidak sesuai dengan indikasi dan dosisnya dapat mengakibatkan bakteri gagal diberantas dan malah menjadi kebal terhadap antibiotik tersebut. Hal ini dapat berbahaya bagi tubuh karena akan dapat membuat penyakit semakin sulit diobati.

Adapun cara kerja dari antibiotik dalam memberantas bakteri yang meliputi :

  • menyerang dinding pelapis bakteri
  • mengganggu kemampuan reproduksi bakteri
  • menghalangi produksi protein pada bakteri

Mengenai pertanyaan Anda tentang jadwal konsumsi obat antibiotik yang di sarankan untuk dilakukan 3 kali sehari, dapat diperkirakan waktu 24 jam yang dibagi 3 yakni setiap 7 jam. Namun pada keadaan puasa boleh dilakukan seperti yang Anda contohkan dan hendaknya untuk dikonsumsi tidak dalam keadaan perut kosong. Untuk keterangan lebih lanjut dapat Anda konsultasikan dengan dokter yang mengangani Anda.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara membaca resep dokter ternyata juga bisa Anda pelajari lho, sebagai pasien.

Ini Cara Membaca Resep Dokter, Tak Perlu Bingung

Cara membaca resep dokter tidak sesulit yang Anda bayangkan. Namun, Anda tetap disarankan untuk mendiskusikannya dengan dokter atau apoteker, untuk memperoleh informasi yang akurat.