Obat anti-epilepsi sulit ditemukan – Apakah ada penggantinya?

R Info Penanya: R, Pria, 23 Tahun
Sore Dok,Saya penderita epilepsi sudah 10 tahun dan rutin minum obat anti epilepsi (carbamazepin). Setahun belakangan obat ini sangat sulit didapat. Apa penggantinya Dok?Apa ada substitusinya dengan harga yang tetap terjangkau? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang Bpk R,

Memang betul pengobatan untuk epilesi sebaiknya dijalani sampai batas waktu yang sulit ditentukan, dan tidak ada patokan pasti untuk berhenti minum obat anti epilepsi. Sampai saat ini tidak ada penghentian produksi obat ini, namun mungkin obat sulit didapat karena Bapak membeli obat tanpa adanya resep dari Dokter di Rumah Sakit. Saran kami sebaiknya kunjungi Dokter Spesialis Saraf (SpS) di Rumah Sakit terdekat, sekaligus untuk melakukan kontrol atas kondisi Bapak dan hasil pengobatan yang dijalani selama ini. Bila diperlukan Dokter akan menggantikan dengan obat anti epilesi golongan lainnya, yang disesuaikan dengan kondisi medis Bapak. Selalu ingat untuk minta Resep dalam bentuk Obat Generik.

Tetap semangat dan bersikap positif dalam menjalani kehidupan ini.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anak berusia 6 bulan-5 tahun berisiko mengalami kejang demam

Seberapa Bahaya Kejang Demam pada Anak?

Saat mengalami kejang demam, anak akan menjadi kaku, mengejang, dan matanya terbelalak. Anak juga akan mengalami gangguan pernapasan. Kondisi ini dapat terjadi pada anak berusia 6 bulan-5 tahun, meski paling sering pada anak berusia 12-18 bulan. Akan tetapi, hanya sebagian kecil anak-anak yang mengalami kejang demam.