Obat albiotin bisa untuk menghilangkan jerawat atau bekas jerawat tidak?

DA Info Penanya: DA, Pria
Dok obat albiotin dari kimia farma tu bisa gak ya untuk ngilangin bekas jerawat atau pun ngilangin jerawat?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DA,

Jerawat merupakan benjolan yang timbul akibat pori-pori kulit tertutup oleh minyak yang diproduksi kulit berlebihan dan terinfeksi bakteri. Sedangkan albiotin mengandung klindamycin yang merupakan antibiotik khusus bakteri anaerob. Untuk penanganan jerawat sendiri tergantung dari jenis jerawat dan tingkat keparahannya. Untuk jerawat yang tidak terlalu parah maka cukup penggunaan antibiotik dan anti radang secara topikal dioleskan langsung ke jerawat, Namun untuk jerawat yang sangat meradang, merah dan hampir di seluruh wajah, maka dokter akan meresepkan antibiotik dan obat anti radang yang perlu diminum, selain tentunya penggunaan salep pada wajah. Sedangkan untuk bekas jerawat tentu tidak bisa dihilangkan dengan penggunaan antibiotik. Untuk penanganan bekas jerawat bisa dengan menggunakan salep-salep yang mengandung asam salisilat, retinoid, asam alfa hidroksid, dan beberapa tindakan seperti mikrodemabrasi, chemical peels, microneedling, laser namun tentunya harus dalam pengamatan dokter untuk keamanan kulit Anda. Selain itu ada bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk mengurangi bekas jerawat seperti penggunaan masker alpukat, kentang, madu, perasan jeruk lemon, lidah buaya.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan juga ketika muncul jerawat adalah :

  1. Hindari menyentuh atau memencet jerawat.
  2. Hindari penggunaan sabun wajah yang mengandung scrub.
  3. Cuci wajah secara teratur terutama setelah aktivitas di luar ruangan.
  4. Gunakan masker saat aktivitas di luar ruangan.
  5. Perbanyak konsumsi sayur dan buah.
  6. Kurangi stres dan cukup istirahat.

Bila jerawat dan bekas jerawat dirasakan sangat mengganggu dan mengurangi rasa percaya diri maka sebaiknya konsultasi dengan dokter kulit untuk penanganan yang sesuai.

Salam sehat,

Dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jerawat di bibir bisa memicu rasa tak nyaman dan mengganggu penampilan

Ini Penyebab Jerawat di Bibir dan Cara Mengobatinya dengan Benar

Selain di area wajah dan punggung, jerawat juga dapat tumbuh di bibir. Kondisi ini bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan mengganggu penampilan. Tapi apa sebenarnya penyebab jerawat di bibir dan bagaimana cara mengobatinya?