Obat alami untuk ibu hamil dengan gejala flu

SA Info Penanya: SA, Wanita
hai dok, saya sedang hamil muda (7 minggu), belakangan ini saya mengalami flu yang tak kunjung sembuh. Namun, saya takut kalau minum obat, dok. Jadi ada tidak ya obat alami atau herbal untuk flu saya ini, dok? Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Flu merupakan salah satu reaksi tubuh akibat adanya infeksi bakteri, virus, dan benda asing yang masuk ke dalam tubuh melalui hidung. Flu sering dialami oleh setiap orang, terutama pada ibu hamil. Ibu hamil sangat rentan sekali terkena flu karena ibu hamil memiliki imunitas yang rendah sehingga gampang terinfeksi bakteri atau virus. 

Jika pada orang biasa bebas mengkonsumsi obat flu. Tidak pada ibu hamil. Ibu hamil tidak bisa sembarangan mengkonsumsi obat flu karena tidak semua kandungan pada obat flu aman buat ibu hamil. Tentunya yang paling aman dikonsumsi adalah obat flu yang berbahan alami. 

Waktu yang paling aman untuk mengkonsumsi obat adalah setelah usia kandungan diatas 12 minggu. Lebih aman lagi jika sudah trimester kedua.  Jadi, jika usia kandungan seperti Anda, ada baiknya jangan sembarangan mengkonsumsi obat flu. Sebelum mengkonsumsinya, sebaiknya Anda melakukan konsultasi dulu ke dokter kandungan untuk memastikan bahwa obat tersebut aman buat janin. Ada beberapa pilihan pengobatan alami untuk mengatasi flu pada ibu hamil. 

Pengobatan alami untuk mengobati flu pada ibu hamil:

  • Perbanyak istirahat.
  • Mengkonsumsi banyak air putih hangat.
  • Kumur air hangat dan garam.
  • Melembapkan udara sekitar dengan humidifier.
  • Makan sup hangat.
  • Mengkonsumsi madu dan vitamin C (jeruk, kiwi, brokoli, bayam, kale).
  • Rajin berjemur dibawah sinar matahari.
  • Olahraga ringan.
  • Hindari kontak langsung dengan keluarga yang sakit. 

Salam sehat, 

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Efektivitas vaksin influenza pada kekebalan tubuh pria masih perlu diteliti lebih lanjut

Vaksin Influenza Kurang Efektif pada Pria, Apa Betul?

Wanita cenderung merespon vaksin influenza lebih signifikan dibandingkan dengan pria. Bukan tidak mungkin temuan ini menjadi inovasi dalam mencegah infeksi flu.