Apakah jahe, kunyit dan bawang putih bisa menyembuhkan bronkitis?

DS Info Penanya: DS, Wanita, 19 Tahun
Apakah benar jahe,kunyit dan bawang putih bisa menyembuhkan bronkitis?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DS,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Bronkitis merupakan peradangan yang terjadi pada saluran utama pernafasan atau bronkus. Bronkus merupakan saluran yang membawa udara menuju paru-paru. Faktor resiko dari bronkitis adalah kebiasaan merokok atau terpapar asap rokok, tidak mendapat vaksin influenza atau pneumonia, terpapar zat berbahaya seperti debu, amonia atau klorin, memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Gejala yang dirasakan batuk disertai lendir bewarna kuning atau bisa juga hijau, sakit tenggorokan, sesak nafas, hidung tersumbat, nyeri dada, kelelahan, demam ringan. Diagnosis bronkitis melalui pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang seperti rongent dada atau cek darah. 

Cara sederhana untuk meringankan gejala bronkitis dengan istirahat yang cukup, minum air putih yang banyak, minum jahe, kunyit, minum campuran madu dan lemon, mengunyah bawang putih, berkumur dengan air garam. Jadi pengobatan dengan menggunakan jahe, kunyit dan bawang diperbolehkan saja, namun belum ada penelitian lebih lanjut terkait keberhasilan pengobatan tersebut. Jika ada pertanyaan lebih lanjut jangan ragu untuk berkonsultasi lebih lanjut ke dokter spesialis paru.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Nyeri dada sebelah kanan juga bisa disebabkan karena asam lambung, stres, atau peregangan otot berlebihan

Nyeri Dada Sebelah Kanan, Ada Apa Gerangan?

Bukan penyakit jantung, penyebab lain nyeri dada sebelah kanan adalah asam lambung, pneumonia, pankreatitis, stres, atau karena peregangan otot yang berlebihan.