Kenapa nyeri pinggul lalu timbul perdarahan?

DB Info Penanya: DB, Wanita, 26 Tahun
Dok saya mau tanya. Saya sempat naik motor dan nabrak plosi tidurr, setelah itu bsoknya saya sakit. Malam panas dingin dan nyeri di punggung belakang. Besoknya ke dokter dan di kasih obat nyeri setelah minum obat agak enakan dan besoknya keluar darah tapi ga banyak. Tapi saya belum datang bulan itu kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DB,

Nyeri panggul adalah keluhan yang bisa terjadi akibat beberapa hal seperti adanya trauma, gangguan di organ panggul, gangguan di organ reproduksi, masalah tulang belakang, gangguan otot, sendi, atau gangguan persarafan dan penyebab lainnya.

Jika sebelumnya terjadi trauma tetapi tidak ada benturan langsung pada tulang panggul bisa dipicu adanya masalah di tulang belakang akibat benturan saat mengendarai motor, selain itu bisa dua kejadian terjadi bersamaan baik adanya gangguan di punggung dan juga masalah di panggul.

Adanya flek darah sendiri sebelum datang bulan bisa dipicu oleh masalah hormonal ataupun adanya masalah organ reproduksi seperti adanya tumor jinak rahim, endometriosis, adanya kista, polip, radang panggul dan lainnya.

Cara mengatasi sakit punggung

Untuk sementara dapat redakan nyeri punggung dengan cara:

  • Melakukan relaksasi dengan cara mandi air hangat
  • Melakukan peregangan ringan pada tulang punggung
  • Kompres bagian yang nyeri dengan air hangat atau air dingin
  • Konsumsi obat pereda nyeri seperti parasetamol
  • Gunakan penyanggua tulang punggung atau lumbar support
  • Hindari pemicunya seperti trauma akibat benturan saat mengendarai sepeda motor ataupun postur yang kurang baik saat beraktivitas

Jika keluhan nyeri punggung dan flek perdarahan tidak juga membaik, ada baiknya dilakukan pemeriksaan pada dokter agar dipastikan penyebabnya baik dilakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik ataupun pemeriksaan tambahan seperti lab darah, tes urine, foto rontgen ataupun pemeriksaan lain yang diperlukan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pengobatan sakit punggung dapat dilakukan dengan aktif bergerak atau berolahraga

Gejala Sakit Punggung dan Pengobatannya

Sakit punggung dapat disebabkan oleh aktivitas harian, postur tubuh yang kurang baik, hingga cedera olahraga. Untuk mengobati sakit punggung, Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri dan olahraga secara teratur.