16 Aug 2021, 23:37Saraf

Bagaimana agar mengurangi nyeri kaki akibat diabetes?

SM
Info Penanya: SM0
Ibu saya sdh hampir 1 th gula kering..sempat sampai 600..tp sekarang sudah normal gulanya, keluhannya kenapa kaki tidak kunjung sembuh .nyeri kaki seperti tersayat bila bersentuhan ..cekut2 sekali bahkan sampai sulit buat berjalan..obat nyeri liryca hampir tiap hari dikonsumsi..tp masih saja sakit.badan ibu sy semakin turun drastis..saat ini bbnya 45kg..mohon solusinya
706 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, STerima kasih atas pertanyaannya.Penyakit gula darah tinggi atau diabetes yang tidak terkontrol dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang terhadap bagian tubuh lain, salah satunya saraf dan pembuluh darah.  Ketika timbul rasa nyeri, kesemutan, kekakuan pada anggota gerak maka termasuk pada gangguan saraf akibat diabetes atau dinamakan neuropati diabetik.Kondisi ini tidak dapat disembuhkan namun dapat dicegah agar tidak semakin parah dan dikurangi rasa nyeri dengan pengobatan juga penanganan secara alami.  Jadi memang yang dialami Ibu kemungkinan sudah menyerang saraf dan pembuluh darah sehingga perlu pengaturan gaya hidup dan obat rutin. 

Beberapa tindakan awal mengurangi nyeri kaki pada penderita diabetes :

  • Minum obat gula darah rutin serta obat nyeri sesuai anjuran dokter. 
  • Jaga pola makan dengan mengurangi gula, makanan tinggi lemak, gorengan, terlalu pedas, cepat saji, instan, MSG dan berkafein. 
  • Olahraga ringan setiap hari, pagi atau sore dengan batas waktu sesuai kemampuan tubuh.  Berenang dapat membantu mengurangi nyeri di kaki akibat efek diabetes.  
  • Jaga berat badan seimbang.  
  • Gunakan alas kaki yang nyaman, lembut dan tidak menimbulkan lecet. 
Lakukan pemeriksaan rutin dengan dokter spesialis saraf guna evaluasi perkembangan nyeri saraf serta pengobatan yang dilakukan.  Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
neuropati diabetikdiabetes melitus tipe 2neuropati
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil