07 Dec 2020, 04:24Kandungan

Nyeri ulu hati dan terasa panas apa hamil?

N
Info Penanya: N0
Setelah berhubungan badan 1 hari setelahnya itu saya pms dan belum waktunya setelah saya berhenti pms ulu hati sering nyeri dan terasa panas disertai mual apakah itu ditandakan kehamilan?
1850 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat sore N,Tanda awal terjadinya kehamilan adalah terlambat haid, namun bila siklus haid Anda tidak menentu maka tentunya akan membingungkan. Namun ketika sedang hamil muda maka mayoritas wanita akan mengalami keluhan mual, muntah, pusing, badan lemas, nyeri pinggang, lebih mudah mengantuk, dll. Namun gejala hamil muda ini tidak selalu dirasakan oleh wanita yang sedang hamil, sehingga perlu dicocokkan dengan hasil tes packnya bila Anda terlambat haid 1 minggu dan curiga sedang hamil karena sebelumnya berhubungan seksual.Namun bila keluhan mual, nyeri ulu hati muncul keesokan harinya setelah berhubungan seksual maka kemungkinan keluhan mual dan nyeri ulu hati Anda rasakan akibat gangguan di lambung, bukan tanda-tanda kehamilan karena biasanya tanda kehamilan baru akan muncul 2 minggu setelah berhubungan seksual.

Sementara ini yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi keluhan nyeri ulu hati dan mualnya adalah:

  • Minum antacida atau vitamin B6 untuk meredakan mualnya.
  • Kendalikan pikiran Anda bila Anda takut hamil. Lakukan tes pack bila sudah 1 minggu terlambat haid untuk memastikan Anda sedang haid atau tidak.
  • Hindari makanan yang pedas, asam, mengandung banyak gas seperti nanas, durian, ubi-ubian.
  • Hindari minum kopi, soda atau alkohol.
Bila nantinya hasil tes packnya positif maka lakukan pemeriksaan USG ke dokter kandungan. Namun bila hasilnya negatif, maka sebaiknya Anda menggunakan KB bila memang belum siap hamil.Salam sehat,dr. Vina
hamilgangguan menstruasitest pack
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil