Nyeri tulang tumit terutama saat berjalan?

S Info Penanya: S, Wanita, 24 Tahun
"Dokter, saya ingin bertanya. ibu saya mengalami rasa sakit Dan nyeri Pada Tulang tumit kaki seblah kanan. Rasa sakitnya bertmabah berat jika melakukan aktivitas sperti bejalan. Usually ibu saya 56 tahun yelah mlewati menopause. Hasil pemeriksaan tidak Ada kenaikan kadar asam urat. Apakah Janis pnyakit yang Di derita ibu saya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, S

Terima kasih atas pertanyaannya.

Orangtua anda mengalami radang sendi dan bentuk yang paling sering terjadi adalah osteoartritis yang menyebabkan sendi nyeri dan kaku. Antara dua tulang terdapat sendi dan ujung tulangnya dilapisi jaringan pelindung yaitu tulang rawan atau kartilago. Pada OA karena usia sudah tua mengalami degenerasi dan rusak sehingga gesekan antar tulang menyebabkan nyeri, kaku dan gejala lainnya. Gejala osteoartritis biasanya dapat teratasi meski penyakitnya sendiri tidak dapat disembuhkan. Dengan cara tetap aktif, menjaga berat tubuh ideal, dan pengobatan lain dapat memperlambat proses perkembangan penyakit ini, sekaligus membantu dalam meredakan sakit dan memperbaiki fungsi sendi.

Faktor resiko kondisi ini adalah usia tua, jenis kelamin wanita, berat berlebihan, riwayat cedera atau kelainan pada tulang. Untuk mengatasi nyeri anda dapat menggunakan obat nyeri yang dijual bebas. Namun bila keluhan tetap ada, sebaiknya konsultasi dengan Dokter untuk pemberian obat yang menggunakan resep dokter. Osteoartritis itu beda dengan osteoporosis ya, untuk lebih jelasnya bisa membaca artikel pada tautannya.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat asam urat di apotek membantu redakan nyeri tak tertahankan hingga pembengkakan.

Beragam Obat Asam Urat Ini Bisa Anda Temukan di Apotek

Beragam obat asam urat di apotek yang berguna menurunkan kadar asam urat dan mencegah serangan kembali, seperti OAINS, kortikosteroid, allopurinol, probenecid, dll.