nyeri tulang pinggang

Z Info Penanya: Z, Pria, 2019 Tahun
Dokter saya mau tanya, tulang pinggang bagian tengah kenapa sakit
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, Z

Nyeri pada tulang pinggang belakang dapat terjadi pada beberapa kondisi seperti low back pain/nyeri punggung belakang, HNP/ hernia nucleus pulposus dan pada kompresi tulang belakang oleh beberapa penyebab seperti trauma, tumor, infeksi tulang belakang. Pada beberapa kondisi nyeri tulang belakang juga dicetuskan akibat proses penuaan spondilosis, nyeri otot/myalgia. 

Pada kelompok usia muda nyeri sering terjadi akibat kesalahan posisi duduk, trauma, sering mengangkat beban berat dan kurang olahraga. Sementara pada kondisi usia lanjut sering akibat pengeroposan tulang. 

Saya sarankan selama terdapat nyeri untuk mengurangi aktifitas yang mengangkat beban berat, jika nyeri dapat mengkompres dengan handuk dingin, pemberian salep/cream yang bersifat dingin karena dapat merelaksasikan otot. Jangan memberi cream/balsem yang bersifat panas karena dapat mencetuskan ketegangan otot sehingga nyeri semakin memberat. Untuk pemberian obat dapat menggunakan golongan NSAID namun harus berdasarkan indikasi dari dokter.

Jika terdapat kondisi nyeri tulang belakang disertai kelemahan anggota gerak tungkai bawah, sensasi nyeri yang menjalar ke tungkai, atau terasa baal/kesemutan pada tungkai. Harap segera berkonsultasi dengan dokter spesialis tulang/ortopaedi (Sp.OT).

Salam sehat

dr. Zulham 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bokong sakit yang biarkan terus-menerus dapat mengganggu aktivitas

Bokong Sakit Terasa Mengganggu? Kenali Pemicunya

Bokong sakit adalah salah satu keluhan yang umum dirasakan orang yang telah lanjut usia. Namun ada beberapa penyebab bokong sakit, mulai dari luka akibat jatuh hingga penyakit tertentu.