20 Jan 2021, 18:44Kulit & Kelamin

Nyeri testis apakah berhubungan dengan Infeksi Saluran Kemih (ISK)?

P
Info Penanya: P, Pria0
Dok Saya Pido umur 14 tahun,Dok Apakah Infeksi daluran kemih (ISK) itu bisa menyebabkan Nyeri di testis?
128 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat siang PInfeksi saluran kemih (ISK) bisa disebabkan karena kebersihan organ intim yang kurang terjaga, kebiasaan menahan kencing, kurang minum atau didapatkan dari infeksi menular seksual. Bagian dari saluran kemih pria dimulai dari yang paling bawah adalah pintu keluar air seni yaitu uretra, kandung kemih, ureter dan ginjal.

Komplikasi Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Infeksi saluran kemih ini bila tidak ditangani dengan baik maka dapat menimbulkan berbagai komplikasi. Kompilkasi-komplikasi yang dapat disebabkan oleh infeksi saluran kemih adalah:
  • Infeksi pada ginjal (nefritis)
  • Striktur (penyempitan) urethra
  • Batu saluran kemih
  • Sepsis
Karena sistem reproduksi dan sistem kemih pada pria memiliki pintu keluar yang sama yaitu urethra maka infeksi saluran kemih bisa mengganggu organ reproduksi karena menghambat pengeluaran sperma. Sperma sendiri diproduksi dalam organ testis sehinnga bila ada pengahmbatan penyaluran sperma bisa menimbulkan rasa tidak nyaman.Untuk mendiagnosa penyakit infeksi saluran kemih (ISK) perlu dilakukan anamnesis (tanya jawab), pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti tes urin. Untuk itu sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter spesialis urologi mengenai hal ini. Sementara itu jaga kebersihan organ intim dan tidak berhubungan seks bebas atau melakukan masturbasi terlalu sering.Terapkan pola hidup sehat dan hindari kebiasaan menahan kencing serta perbanyak minum air putih.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany CL
infeksi saluran kencinginfeksi saluran kemihinfeksi saluran reproduksi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil