Nyeri testis sehabis jongkok saat BAB, karena apa ?

KS Info Penanya: KS, Pria, 12 Tahun
Halo Doc, Jadi sekitar 2atau 3 bulan lalu saya sembelit dan bab saya keras setelah keluar dari WC saya jongkok dan tiba" selangkangan saya nyeri sampai beberapa hari dan setelah beberapa hari saya baru menyadari kalo sakitnya itu berasal dari testis saya kira" itu kenapa ya dok?kalo dlu sakit lalu hilang kalo skrg sudah tidak pernah sakit lagi namun saya masih khawatir dan setelah di periksakan ke dokter itu kata dokternya ini gk kenapa" cuman ketarik otot nya waktu jongkok karna bab keras
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, KS.

Nyeri testis adalah keluhan yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor yang berhubungan dengan gangguan pada alat reproduksi dan saluran kemih. Faktor penyebabnya dapat berupa keadaan yang ringan hingga yang lebih serius.

Adapun beberapa faktor penyebabnya secara spesifik yang meliputi :

Mengenai keluhan yang Anda alami, mungkin benar hanya berupa keadaan gangguan otot yang terjadi saat porsisi mengejan dan jongkok karena sembelit. Pada dasarnya ketika Anda mengalami sembelit pun, kotoran yang keras yang tertahan dapat menekan daerah persarafan di sekitar testis sehingga timbulan sensasi nyeri. 

Untuk sementara Anda dapat mengompres bagian yang nyeri dengan kompres hangat bergnatian dengan kompres dingin, mengonsumsi air rebusan kunyit serta mengonsumsi obat pereda nyeri bergolongan asetaminofen yang dijual bebas di apotek jika nyeri mengganggu aktivitas.

Jika Anda sudah memeriksakan diri umumnya relatif aman, akan tetapi jika keluhan nyeri memberat dan tidak membaik dengan perubahan posisi tubuh serta durasinya berlangsung lebih dari 15 menit yang dirasakan terus menerus segeralah mendatangi fasilitas kesehatan darurat karena mungkin merupakan keadaan yang perlu untuk segera ditangani.

Berikut terlampir artikel mengenai nyeri testis sebagai informasi yang lebih lengkap untuk Anda.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh KS
13 Jul 2020, 17:08
Mau bertanya lagi doc, jadi saya lupa jelasin 1 hal lagi , jadi testis nya tuh kadang turun kadang normal lagi , itu normal atau apa doc?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
14 Jul 2020, 23:48
Selamat malam, KS.
Umumnya perlu dipastikan dengan pemeriksaan lebih fisik secara langsung untuk menentukan keadaan pada Anda masih dalam batas normal atau telah mengalami gangguan. Baiknya Anda mencoba memeriksakan diri kembali apabila keluhan dirasakan memberat dari yang pernah dirasakan dan diperiksakan sebelumnya.
Salam sehat
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Meningkatkan hormon testosteron salah satunya bisa dilakukan dengan aktivitas fisik

7 Langkah Meningkatkan Hormon Testosteron dengan Gaya Hidup Sehat

Meningkatkan hormon testosteron bisa dilakukan secara alami. Caranya, Anda harus menjalani gaya hidup sehat yang esensial, seperti konsumsi makanan sehat, berolahraga, dan tidur yang cukup. Dengan bantuan dokter, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin, mineral, atau herbal tertentu.