Nyeri tenggorokan dan dokter spesialis

TG Info Penanya: TG
Tenggorokan saya sakit sudah 4 hari rasanya sprti perih, disertai demam,flu & batuk. Jika sy mau periksa ke dokter spesialis, sebaiknya sy ke spesialis apa ya ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam Bu

Terima kasih atas pertanyaannya

Nyeri tenggorokan dapat disertai dengan gejala infeksi lainnya seperti demam, batuk, pilek, bersin, mual dan nyeri kepala. Hal ini tentu dapat menganggu aktivitas sehari - hari.

Untuk mengurangi gejala tersebut, dapat dilakukan beberapa upaya di rumah, di antaranya :

  1. Hindari makanan berminyak dan pedas
  2. Perbanyak konsumsi buah - buahan dan sayuran
  3. Minum vitamin rutin terutama vitamin C
  4. Istirahat dan tidur malam yang cukup

Nyeri tenggorokan dapat disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, maupun jamur. Selain infeksi, gangguan seperti abses (bisul besar) pada tenggorokan, gangguan refluks asam lambung (GERD), alergi,maupun tumor di tenggorokan.

Gejala infeksi tersebut tentu harus diperiksakan lebih lanjut ke dokter. Spesialisasi yang tepat untuk kasus Anda adalah dokter spesialis THT (telinga hidung tenggorok) untuk dapat mendiagnosa dengan tepat gejala Anda dan memberikan terapi yang adekuat.

Demikian penjelasan yang dapat disampaikan.

Salam sehat,

dr. Christine V

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Garam merupakan salah satu cara alami mengobati radang amandel pada anak

Inilah Cara Mengobati Radang Amandel Secara Alami pada Anak

Selain obat-obatan medis, bahan-bahan alami juga dapat digunakan untuk mengobati radang amandel pada anak. Air garam, teh hangat dengan madu, hingga cuka apel dapat menjadi bahan alami untuk mengobati radang amandel.