Nyeri tenggorokan dan batuk berdahak.

VP Info Penanya: VP
Dokter sya sudah 1 minggu ini batuk berdahak. Saya blm periksa ke dokter. Saya hanya minum obat batuk berdahak dr warung. Selama seminggu itu pula saya tidak bisa tidur krn sebentar2 terbangun krn batuk. Batuknya sampai menekan ke kepala. Saat ini batuknya sdh berkurang hanya muncul dahak sedikit. Tp tenggorokan sepertinya ad yg ganjel. Di pakai nelan makanan susah. Perih. Yg ingin saya tanyakan. Apa saya terkena radang ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Pagi, V

 

Jika terjadi nyeri tenggorokan kemungkinan terjadi radang ya namun tetap harus diperiksa langsung oleh dokter agar mendapat diagnosis yang pasti.

Berdasarkan keluhan Anda, kemungkinan yang dapat terjadi adalah :

- Alergi : Alergi dapat dipicu oleh debu, kotoran, udara dingin / panas, dan pemicu lainnya. Gejalanya berupa batuk dan bersin terutama pada pagi hari disertai dengan hidung dan mata berair. Alergi ini dapat berlangsung dalam waktu lama jika pencetusnya tidak ditangani.

- Sinusitis : Sinusitis adalah peradangan pada rongga sinus yang berada di area hidung dan pipi, keluhan dapat berupa batuk, pilek, hidung tersumbat, adanya bau tidak sedap berasal dari hidung.

- Polip hidung : Polip adalah benjolan pada hidung yang disebabkan karena membengkaknya selaput pada hidung, pada keadaan ini seseorang akan mengalami hidung tersumbat dan pilek dalam waktu berkepanjangan.

 

Untuk memastikan keluhan Anda saya sarankan ke dokter THT ya agar diperiksa secara langsung dan mendapatkan penanganan yang sesuai.

 

Selama dirumah untuk membantu meringankan saya sarankan Anda untuk 

- Istirahat cukup

- Hindari paparan udara dingin, debu dan kotoran lainnya 

- Membersihkan area kamar tidur agar tidak ada kotoran yang khawatir memicu pilek yang dialami

- Gunakan masker untuk mencegah penularan dan menularkan ke orang lain

- Konsumsi vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh

- Terapkan pola hidup sehat, makan makanan bergizi, dan hindari merokok.

-Minum air hangat untuk melegakan pernapasan

- Menggunakan uap air hangat untuk mengurangi penyumbatan hidung

 

Jangan menunda ke dokter ya agar anda lekas sembuh.

 

Salam Sehat

dr. Karlina Lestari

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Madu dapat digunakan untuk mengatasi batuk berdarah

Cara Mengobati Batuk Berdarah Secara Alami, Apakah Ada?

Sebagian besar kasus batuk berdarah hanya bisa diatasi melalui penanganan medis. Namun, ada beberapa bahan alami yang dapat meredakan batuk, seperti madu, jahe, nanas, dan lainnya.