Nyeri tenggorokan, bibir pecah-pecah dan sariawan dibawah lidah

T Info Penanya: T, Wanita, 18 Tahun
Dokter saya ingin bertanya, tenggorokan saya sakit terasa seperti terbakar, bibir pecah- pecah, dan setiap kali menelan ludah rasanya sakit. kebetulan saya sariawan di bawah lidah. apakah faktor dari sariawan dok? tapi tenggorokan rasanya seperti sariawan gitu dok perihnya . mohon di bantu dok solusinya. terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, T

Semua gejala yang anda rasakan terkait dengan kesehatan rongga mulut dari radang tenggorokan, bibir pecah-pecah dan sariawan. Biasanya akibat iritasi bisa dari luar seperti infeksi atau makanan/minuman yang masuk dan bisa juga dari dalam seperti asam lambung kembali ke tenggorokan.

Cara mengatasinya dengan banyak minum air putih, tidak perlu air panas / hangat agar rongga mulut tetap basah dan lembab untuk mengurangi iritasi. Jaga kondisi badan jangan terlalu lelah dan makan buah-buahan terutama yang mengandung vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh sekaligus mengatasi sariawannya.

Salam Sehat,

Dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salep untuk berengan di bibir, disesuaikan dengan penyebab awal munculnya luka di sudut bibir

Salep untuk Berengan di Bibir, Mana yang Paling Manjur?

Dalam bahasa medis, luka di sudut bibir atau berengan disebut sebagai angular cheilitis. Selain menimbulkan rasa perih, kondisi ini akan membuat ujung bibir terlihat kering dan berdarah. Luka di sudut bibir bisa diobati, umumnya dengan bermacam-macam salep. Apa saja jenisnya?