Nyeri telapak tangan dan kaki, apakah asam urat?

IT Info Penanya: IT
selamat sore dok, saya umur 29 tahun. Saya merasakan nyeri di telapak tangan dan kaki saya kadang juga di pinggang saya. Apakah ini tanda-tanda asam urat ya dok? Tapi apakah mungkin saya terkena asam urat jika saya masih muda? Tolong bantu jawab ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang I,

Nyeri pada telapak tangan dan sendi-sendi bisa disebabkan oleh beragam penyebab mulai karena cedera, peradangan sendi karena penyakit autoimun seperti rheumatoid arthritis, penyakit asam urat, gangguan saraf karena aktivitas berulang seperti carpal tunnel syndrome, ataupun penyebab lainnnya.

Penyakit asam urat sendiri dapat terjadi tidak hanya pada orang tua tetapi bisa menyerang usia muda karena asupan makanan yang tinggi purin seperti makanan organ atau jeroan, daging merah, konsumsi alkohol, makanan olahan laut, minuman bersoda, sayuran yang kaya purin, melinjo dan lainnya. Gejalanya sendiri adalah terjadi peradangan pada sendi terutama sendi ibu jari kaki, lutut, pergelangan kaki dan bisa menetap dalam beberapa hari, membuat sendi bengkak, kemerahan sampai perubahan bentuk sendi. Untuk itu perlu banyak mengonsumsi air putih dan menghindari makanan tinggi purin untuk mencegah keluhan kambuh.

Untuk memastikannya perlu dilakukan pemeriksaan pada dokter baik pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti lab darah, USG, foto rontgen dan pemeriksaan lainnya. Untuk mengatasi keluhan yang timbul adalah dengan mengompres sendi yang nyeri dengan kompres dingin, mengonsumsi obat pereda nyeri dan obat khusus dari dokter jika penyebabnya adalah penyakit asam urat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

Dr. Adhi P.

L
20 Nov 2019, 11:42
Sangat informatif, terima kasih dokter.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ankylosing spondylitis dapat menimbulkan rasa yang sangat menganggu di tulang belakang

Kenali Penyebab Nyeri Sendi yang Umum Terjadi

Penyebab nyeri sendi yang biasanya timbul tidak hanya berkisar pada asam urat saja, tetapi juga bisa dipicu oleh ankylosing spondylitis ataupun bursitis. Nyeri sendi yang timbul pada tulang belakang ini umumnya membuat ruas-ruas tulang belakang menyatu dan terasa sakit, hingga menimbulkan postur membungkuk.