Nyeri setelah selesai kencing, apa penyebabnya?

W Info Penanya: W
Dok mau tanya. Ini ada kendala pas sya mau kencing dok... Pas kencing si kya biasanya dok. Tp pas udah mau selesai kencingnya itu kok sedikit sakit ya dok,kaya orang yang pngn kencing bgt tp ga keluar rasanya itu dok. Itu kenapa ya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, WR

Nyeri setelah selesai kencing bisa berasal dari kandung kemih, saluran kemih (urethra) atau daerah diantara anus dan kelamin. Penyebab paling sering adalah infeksi saluran kemih. Bisa akibat infeksi bakteri atau adanya peradangan. Kejadiannya lebih sering pada wanita karena urethra yang pendek dibanding pria. Pada pria bisa juga akibat peradangan kelenjar prostat. Serta nyeri kencing juga bisa terjadi pada mereka yang aktif secara seksual akibat infeksi menular seksual.  Selain itu bisa juga akibat penggunaan produk tertentu di daerah kelamin sehingga kulitnya teriritasi.

Sebaiknya konsultasi langsung dengan Dokter akan obat yang diberikan sesuai dengan diagnosanya. Untuk mencegah kambuhnya gejala adalah dengan menghindari produk yang mengandung parfum seperti pada detergen atau cairan pembersih kewanitaan. Gunakan pengaman saat berhubungan. Serta menghindari makanan atau minuman yang mengiritasi kandung kemih seperti kafein, alkohol, makanan pedas, makanan asam, buah sitrus, tomat dan pemanis buatan serta mengurangi makanan yang berbumbu. Saya lampirkan juga artikel mengenai cara tepat mengatasi infeksi saluran kemih agar tak kambuh lagi.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sifilis pada pria dapat ditandai dengan adanya luka yang tidak sakit

Benarkah Pria Lebih Rentan Terkena Sipilis? Ini Dia Penjelasannya

Sifilis adalah salah satu penyakit menular seksual yang tersebar lewat kontak seksual secara langsung dan 60% terjadi pada pria yang aktif berhubungan seksual. Bakteri penyebab sipilis bernama treponema pallidum.