Nyeri Setelah Operasi Caesar, Apakah Normal?

LP Info Penanya: LP, Wanita, 2019 Tahun
Dok saya ingin tanya saya baru saja operasi caesar 6 minggu yang lalu tp luka bagian atas jahitan(perut) masih sakit apakah normal??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, LP

Biasanya fase pemulihan setelah operasi SC sekitar 1-2 bulan. Tidak semua orang sama, bahkan lebih dari setengahnya masih merasa nyeri di tempat insisi sampai dengan 24 minggu setelah persalinan. Proses Pemulihannya Jangka Panjang Beberapa wanita merasakan nyeri otot atau di luka operasi selama beberapa bulan. Ada yang mengalami keluhan sulit menahan kencing karena melemahnya otot dasar panggul. Walaupun hal ini cukup umum, tapi keluhan apapun setelah pertemuan pertama dengan dokter paska melahirkan sebaiknya konsultasi kembali dengan dokternya. Bahkan setiap prosedur SC itu berbeda, bisa saja operasi bersifat emergency. Adanya infeksi, masalah saat insisi dan kelainan medis lainnya seperti diabetes juga mempengaruhi waktu pemulihan.

Beberapa tips yang bisa dilakukan agar pemulihan dari SC berjalan lancar:

1. Banyak istirahat

Sulit memang sebagai orangtua baru untuk istirahat dengan bayi baru lahir. Karena jam tidurnya belum kompak dengan anda, kadang hanya 1-2 jam. Jadi kapanpun bayinya tidur anda sebaiknya juga tidur. Atau minta tolong pasangan dan keluarga untuk menggantikan anda untuk tidur sebentar.

Anda akan kewalahan bila berusaha mengerjakan pekerjaan rumah dan menjamu tamu. Jangan sampai mengorbankan waktu tidur anda karena membahayakan kesehatan anda sendiri.

2. Minta tolong

Bayi baru lahir banyak maunya. Apalagi bagi ibu yang baru melalui operasi besar. Minta tolong pasangan, tetangga, keluarga atau teman dekat anda. Lebih baik pesan makanan online atau atur waktu berkunjung tamu supaya anda bisa istirahat sebentar atau sekedar mandi.

3. Maklumi emosi anda

Wanita yang mengalami proses persalinan, persalinan emergency atau traumatis dan mereka yang harus menjalani operasi SC yang sesungguhnya ingin dihindari. Proses dan maklumi dulu kejadian tersebut dan perasaan anda. Agar transisi menjadi orangtua lebih lancar bebas dari rasa bersalah atau malu. Jangan sampai baby blues atau depresi post partum anda hadapi sendiri. Cerita pada pasangan anda, teman dekat atau orangtua anda.

4. Jalan kaki rutin

Olahraga berat dan aerobik yang intens belum bisa dilakukan pada minggu-minggu awal pemulihan. Sebagai alternatifnya anda bisa jalan pagi agar tetap fit dan kesehatan mental terjaga. Jalan kaki juga mencegah bekuan darah dan gangguan lainnya di pembuluh darah atau jantung. Jangan lupa bayinya dibawa pakai stroller. 

5. Menangani nyeri

Tidak usah menahan nyeri sambil menjalani profesi baru sebagai orangtua. Gunakan penghilang nyeri yang diresepkan oleh dokter. Bila tidak bekerja atau semakin nyeri, konsultasi kembali dengan dokternya.

6. Awasi tanda infeksi

Ukur sendiri suhu tubuh anda setiap 24 jam untuk monitor tanda infeksi. Gejala lain bisa pembengkakan, nyeri berat, cairan merah dari luka operasi atau mengigil.

7. Melawan konstipasi

Perubahan hormonal, melemahnya otot perut dan banyak menghabiskan waktu berbaring akan mengakibatkan konstipasi. Konstipasi berat akan terasa nyeri dan memberi beban pada luka operasi. Banyak minum air putih, bila perlu minta resep untuk melunakkan kotoran. Asupan makanan tinggi serat seperti sayur dan buah untuk mencegah konstipasi.

8. Dukungan untuk memberikan ASI

Pada ibu yang melahirkan secara SC kemungkinan memiliki hambatan lebih banyak dalam menyusui. Anda bisa diskusi dengan konseling laktasi. Bila terasa nyeri, duduklah di kursi yang nyaman dan kuat.  Gunakan bantal untuk membantu mencapai posisi menyusui yang paling nyaman.

9. Cari pertolongan untuk masalah jangka panjang.

Beberapa wanita mengalami nyeri jangka panjang, kelemahan otot, mengompol atau depresi. Ini merupakan hal umum dan tidak usah malu atau menderita sendirian. Diskusi langsung dengan Dokter Spesialis Kandungan anda, semoga saran saya membantu.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Makanan dengan kandungan senyawa flavonoid seperti dark chocolate dapat membantu mengatasi peradangan

Senyawa Flavonoid, Benteng Pertahanan Tubuh dari Penyakit

Senyawa flavonoid adalah benteng perlindungan tubuh terbaik dari berbagai jenis penyakit. Senyaawa ini biasanya terdapat dalam buah dan sayur.