Nyeri sendi kaki dan lutut, dikatakan asam urat. Apakah obatnya boleh diminum jangka panjang?

AW Info Penanya: AW, Pria, 34 Tahun
Bagian sendi2 tangan kaki lutut sering sakit kenapa yah? Kta nya sih asam urat, sya kasih obat allu, pirox, dexa langsung sembuh, tp obat tsb sya minum klaau sakit tak tertahan kan saja, apakah aman obat tsb di minum jangka panjang? Mksh
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, AW

Terima kasih atas pertanyaannya.

Sebelumnya anda dikatakan asam urat oleh dokter? Apakah obat itu diresepkan dari dokter anda? Ketiga obat yang anda minum, memiliki efek samping ke lambung anda. Sehingga penggunaannya tidak dianjurkan untuk jangka panjang. Seperti allopurinol sebetulnya hanya digunakan bila kadar asam urat dalam darah tinggi. Bagaimana cara mengetahuinya, yaitu dengan pemeriksaan lab. Karena radang sendi tidak selalu disebabkan asam urat. Bila asam urat kadarnya normal tentu tidak ada manfaatnya minum obat tersebut, malah lebih banyak mudaratnya. 

Kemudian piroxicam termasuk golongan anti nyeri yang sering menimbulkan gangguan ke lambung. Anda bisa memilih obat anti nyeri yang lebih ringan seperti yang mengandung paracetamol yang tidak memiliki efek samping ke lambung seperti piroxicam. Dosis anti nyeri paracetamol biasanya 1 gram. Anda bisa minum 2 tablet atau ada merk dengan paracetamol dosis lebih tinggi.

Obat ketiga dexamethason tergolong ke steroid. Dari namanya saja sudah kesan tidak enak. Penggunaan jangka panjang selain iritasi dan luka pada lambung. Bisa mengakibatkan tulang keropos atau moon face dimana wajah tampak bengkak dan mengkilat.

Cara mengatasi nyeri sendi prinsipnya adalah Rest, Ice, Compress, Elevate jadi diistirahatkan, dikompres dengan es, kemudian kompres hangat dan ditinggikan dari jantung (dipasang bantal saat berbaring). Selain itu penggunaan salep nyeri juga lebih aman dari penggunaan obat minum sebagai pertolongan pertama. Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ankylosing spondylitis dapat menimbulkan rasa yang sangat menganggu di tulang belakang

Kenali Penyebab Nyeri Sendi yang Umum Terjadi

Penyebab nyeri sendi yang biasanya timbul tidak hanya berkisar pada asam urat saja, tetapi juga bisa dipicu oleh ankylosing spondylitis ataupun bursitis. Nyeri sendi yang timbul pada tulang belakang ini umumnya membuat ruas-ruas tulang belakang menyatu dan terasa sakit, hingga menimbulkan postur membungkuk.