Nyeri saat kencing

AR Info Penanya: AR, Pria, 2019 Tahun
Kenapa Klo kencing Ms v terasa sakit Dan nyeri
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang,

Terima kasih atas pertanyaannya.

Nyeri saat kencing biasanya akibat ada gangguan di saluran kencing. Saluran kencing dimulai dari ginjal - saluran ureter - kandung kemih - saluran urethra dan baru keluar air kencing. Bila ada nyeri berarti ada radang di salurannya. Bisa karena air kencingnya tidak lancar keluar karena tersumbat atau bisa karena ada infeksi sehingga saluran kencing lebih sensitif dan meradang.

Untuk mengatasinya sebaiknya banyak minum air putih dan tidak menahan kencing bila sudah ada keinginan untuk kencing. Biasanya sehari minimal minum air putih sebanyak 2 liter. Bisa juga dibantu dengan minum obat anti nyeri yang dijual bebas. Bila keluhan tidak berkurang sebaiknya diperiksa langsung dengan Dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut dan pemberian obat yang memerlukan resep dokter. Semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sistem kekebalan tubuh yang lemah dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kemih kambuh lagi

Cara Mengobati dan Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih adalah penyakit pada saluran perkemihan yang dapat menyerang kandung kemih, ginjal, dan saluran penghubungnya. Konsumsi obat antibiotik, perawatan di rumah sakit, banyak minum air putih, dan hindari kebiasaan menunda buang air kecil merupakan cara mengobati sekaligus mencegah agar infeksi saluran kemih tidak berujung pada komplikasi.