Nyeri saat datang bulan

DN Info Penanya: DN, Wanita, 2019 Tahun
Dokter saya mau bertanya . Saya sedang datang bulan hari pertama saya sakit seperti sumbilangan itu biasa nya saya 3 hari tetapi belakangan ini menjadi 4 hari dan saya sering sakit dibagian kiri perut bawah . Saya sakit apa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, DNMR

Nyeri pada saat menstruasi adalah suatu hal yang wajar, biasanya dimulai sebelum keluarnya haid dan berlangsung selama beberapa hari. Nyerinya bisa pada perut, paha atau ke punggung.

Ada organ kandungan yang posisinya di kiri perut bawah, selain itu ada juga saluran kencing atau saluran pencernaan. Karena disertai dengan menstruasi kemungkinan ada peradangan di organ kandungannya.

Pertolongan pertama bisa menggunakan obat penghilang nyeri yang dijual bebas, kompres dengan air hangat, pijat dan relaksasi.

Bila nyeri makin bertambah hebat, baiknya konsultasi dengan Dokter Spesialis Kandungan untuk tatalaksana selanjutnya.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Biasanya, siklus menstruasi yang normal berlangsung selama 28 hari

Pahami Siklus Menstruasi yang Normal dan Tidak Normal

Siklus menstruasi adalah perubahan organ reproduksi wanita, tepatnya pada dinding rahim. Memahami siklus menstruasi dapat membantu Anda mengenali lebih jauh mengenai kondisi kesehatan organ reproduksi. Selain itu, Anda juga dapat mengantisipasi gangguan yang terjadi dalam tubuh, seperti PMS dan PCOS.