Nyeri saat buang air kecil, keluar darah agak hitam dan sakit pinggang

T Info Penanya: T, Wanita, 2019 Tahun
Selamat sore dok, saya mau tanya, sudah lebih dari satu minggu yang lalu saya ngerasa nyeri saat buang air kecil, terus kemarin sempet keluar kayak darah tapi agak hitam, saya pikir karna saya mau haid, tapi 2 hari kemudian baru saya haid. Nah beberapa hari yang lalu mulai terasa sakit pinggang sebelah kiri, dan sampai sekarang pun masih terasa sakit pinggangnya ditambah nyeri saat buang air kecil, apakah ada masalah dengan ginjal saya atau bagaimana dok? Terimakasih Selamat sore
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam T

Nyeri saat buang air kecil disertai pengeluaran darah dan sakit pinggang paling sering disebabkan dua kondisi yaitu infeksi saluran kemih dan batu saluran kemih. Kedua kondisi ini melibatkan masalah pada saluran uretra, kandung kemih, ureter dan ginjal. 

Pada wanita saluran kencing uretra lebih pendek membuat kuman disekitar alat kelamin dapat dengan mudah masuk ke kandung kemih dan naik hingga ke ginjal. Hal ini memungkinkan lebih banyak terjadi infeksi saluran kemih pada wanita dengan gejala nyeri saat buang air kecil disertai mual muntah nyeri perut dan demam. Kondisi lain adalah sumbatan batu pada saluran kemih yang biasanya membuat buang air kecil nyeri, berdarah dan sakit pinggang juga, beberapa pasien juga mengeluh keluar batu atau pasir saat berkemih.

Saya sarankan agar anda untuk menjaga kebersihan saluran kencing, perbanyak minum air putih. Untuk nyeri bisa di tangani dengan antinyeri NSAID dan antispasmodik. Anda juga harus berkonsultasi dengan dokter spesialis saluran kemih urologi/ SP,U untuk evaluasi saluran kemih anda, jika terdapat infeksi maka perlu pemberian antibiotik, jika terdapat batu maka perlu menjalani tindakan urs atau laser. 

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penis yang tidak disunat dapat meningkatkan risiko kanker penis

Tidak Mau Disunat? Siap-Siap Terkena Fimosis dan 3 Penyakit Penis Ini

Penis yang disunat maupun tidak, memiliki fungsi yag sama. Namun, penis yang tidak disunat akan memunculkan berbagai dampak negatif, salah satunya meningkatkan risiko kanker penis.