Nyeri saat berhubungan intim setelah melahirkan anak kedua, apa penyebabnya?

DN Info Penanya: DN, Wanita, 2019 Tahun
dok saya mw tanya saya melahirkan anak ke 2 kan normal tapi dapet jaitan luar dalem. yg jadi pertanyaannya knp y dok setiap berhubungan sakit banget beda kaya waktu melahirkan anak pertma dapet jaitan juga luar dalem tpi pas berhubungan nyaman ga sakit klo terkena sperma suami jg klo ckg mah sakit banget perih klo kna sperma suami it krn ap y sakitnya? maaf y dok klo kurang sopan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, DNP

Terima kasih atas pertanyaannya.

Tidak perlu minta maaf kok, yang Anda alami sering dialami wanita lain setelah melahirkan. Tidak saja yang lahir normal tapi bisa juga yang lahir dengan operasi. Berapa lama jarak setelah melahirkan anak Anda, apakah saat ini Anda masih memberikan ASI? Biasanya yang Anda alami adalah organ kewanitaan Anda kering. Bisa akibat perubahan hormon estrogen Anda bila masih memberikan ASI atau fase pemulihan setelah proses melahirkan. Proses persalinan adalah trauma yang berat terhadap rahim dan organ intim Anda. Dokter melakukan penjahitan agar jaringan / otot yang robek dapat pulih seperti semula. Benang jahitannya juga akan diserap oleh tubuh, sehingga rongga organ intim Anda tidak terlalu longgar. Ada pasien yang mengatakan kalau rasa nyerinya seperti menjadi perawan kembali.

Untuk mengatasinya bisa dengan lebih banyak foreplay, memang kalau ada bayi suka agak buru-buru karena waktu terbatas. Jadi Anda bisa juga menggunakan pelumas yang dijual bebas di pasaran. Bila dindingnya kurang terlumas maka bisa ada lecet yang terasa perih sehingga saat penetrasi dan ejakulasi bisa terasa nyeri. Berikut tambahan artikel mengenai vagina kering dan cara mengatasinya untuk referensi tambahan. Bila keluhan masih berlanjut sebaiknya konsultasikan dengan Dokter Kandungan Anda.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Baik pria dan wanita, termasuk ibu hamil, sama-sama bisa mendapatkan manfaat onani

Tak Perlu Malu, Ini Manfaat Onani untuk Kualitas Hidup Anda

Onani atau masturbasi adalah aktivitas seksual yang sering dianggap tabu untuk dibicarakan. Secara medis, onani bermanfaat meningkatkan produksi berbagai hormon baik, menurunkan level stres, meningkatkan kualitas tidur dan mengikis nyeri pada ibu hamil, dsb. Manfaat onani terasa apabila tidak dilakukan berlebihan.